Selasa, 14/05/2024 13:27 WIB

Penerbangan di Inggris Kacau, NATS: Kejadiannya Satu Banding 15 Juta

Penerbangan di Inggris Kacau, NATS: Kejadiannya Satu Banding 15 Juta

Penumpang menunggu di Bandara London Stansted (Foto: Reuters)

London, Jurnas.com - Kekacauan lalu lintas udara di Inggris pekan lalu dijelaskan oleh National Air Traffic Services (NATS). Dikatakan, peristiwa tersebut terjadi satu banding 15 juta.

Ribuan penumpang terdampar di luar negeri selama berhari-hari, setelah 1.500 penerbangan dibatalkan pada 28 Agustus, yang merupakan salah satu periode perjalanan tersibuk di musim panas.

"Kemungkinan ini hanya terjadi satu banding 15 juta," kata CEO NATS, Martin Rolfe dikutip dari Reuters pada Rabu (6/9).

"Kami telah memproses 15 juta rencana penerbangan dengan sistem ini hingga saat ini dan belum pernah melihat hal ini sebelumnya," imbuh dia.

Laporan NATS yang diterbitkan pada Rabu ini menyebut rencana penerbangan mencakup dua penanda titik jalan yang memiliki nama yang sama, namun terpisah di luar wilayah udara Inggris, yang memaksa sistem untuk memasuki mode fail-safe.

"Dalam keadaan seperti ini, sistem tidak dapat menolak rencana penerbangan tanpa pemahaman yang jelas tentang dampak yang mungkin terjadi. Juga tidak dapat diizinkan masuk dan berisiko memberikan informasi penting keselamatan yang salah kepada pengontrol lalu lintas udara," terang dia.

NATS mengatakan rencana penerbangan tersebut sesuai dengan sistem distribusi perencanaan penerbangan Eurocontrol. Sementara itu, regulator penerbangan sipil Inggris akan meninjau keadaan seputar kegagalan tersebut.

"Jika ada bukti yang menunjukkan NATS mungkin telah melanggar kewajiban hukum dan perizinan, kami akan mempertimbangkan apakah diperlukan tindakan lebih lanjut," ungkap Kepala Eksekutif Sementara CAA Inggris, Rob Bishton. Itu artinya NATS akan menanggung sebagian biaya atas kekacauan tersebut.

Sebelumnya, maskapai penerbangan mengatakan kejadian ini dapat menyebabkan kerugian hingga 100 juta pound ($126 juta), karena penumpang yang penerbangannya dibatalkan dapat mengklaim kembali biaya hotel tempat mereka menginap atau tiket baru yang mereka beli.

KEYWORD :

NATS Inggris Lalu Lintas Udara Jadwal Penerbangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :