Kamis, 09/05/2024 12:55 WIB

DPR Dukung Penuh Kemenhub dalam Persiapan KTT ASEAN

Saya kira kita sangat bersyukur ya karena Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN ini dan kita harapkan semua dapat berlangsung lancar dan aman. Dan dalam hal ini kita minta kepada Kemenhub untuk berkoordinasi kepada pihak-pihak terkait berkaitan yang berkaitan dengan pelaksanaan KTT tersebut dalam rangka melancarkan kegiatan tersebut.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal dalam kesimpulan Rapat Dengar Pendapat Komisi V DPR RI dengan Sekjen, Irjen, Kepala BPSDM dan Kepala BPIW Kementerian PUPR yang digelar di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (31/8/2023). Foto : Geral/Man

Jakarta, Jurnas.com - Komisi V DPR RI mendukung penuh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) beserta stakeholder terkait memastikan acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang digelar pada 5-7 September 2023 berjalan lancar dan aman. Utamanya, dalam persiapan VVIP di Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno Hatta, jelang kedatangan 27 delegasi negara-negara ASEAN.

Hal itu sebagaimana diutarakan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal saat wawancara usai memimpin Rapat Dengar Pendapat Komisi V DPR RI dengan Sekjen, Irjen Kepala BPSDM, dan Kepala BKT Kemenhub.

"Saya kira kita sangat bersyukur ya karena Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN ini dan kita harapkan semua dapat berlangsung lancar dan aman. Dan dalam hal ini kita minta kepada Kemenhub untuk berkoordinasi kepada pihak-pihak terkait berkaitan yang berkaitan dengan pelaksanaan KTT tersebut dalam rangka melancarkan kegiatan tersebut," kata Iqbal di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (31/8).

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengimbau Kemenhub untuk segera berkoordinasi dengan Polri dalam hal pengamanan bandara maupun rencana rekayasa lalu lintas.

"Dan saya kira itu akan dilakukan untuk memberikan kelancaran tersebut. Dan kami di Komisi V DPR RI terus memantau bagaimana persiapan Kemenhub yang berkaitan acara tersebut. Tentu ini namanya perhelatan yang harus kita dukung bersama-sama," kata Iqbal.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi meninjau Terminal VVIP Bandara Internasional Soekarno Hatta, di Tangerang, Banten, Rabu, 30 Agustus 2023. Kehadiran Budi untuk mengecek dan memastikan kesiapan pelayanan bandara tersebut jelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta pada 5-7 September 2023.

Dalam peninjauan, Menhub mengecek Terminal 3 VVIP dan Commercial Important Person (CIP) yang berada di Terminal 1. Budi juga melakukan koordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait kesiapan rencana flow kendaraan, parking stand pesawat, aircraft and delegation, serta pengaturan jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat.

Kemenhub bersama Polri dan Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas hingga ganjil genap selama penyelenggaraan KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta. Pengaturan arus kendaraan selama KTT ASEAN diyakini bisa membuat acara berlangsung dengan lancar.

Terlebih ini akan menjadi cerminan bangsa di mata para tamu negara. Demi mendukung kelancaran acara Internasional itu, Polri bersama pemerintah mempersiapkan rekayasa lalu lintas pada 2-7 September 2023.

Surat Edaran Nomor:E-0021/SE/2023 terkait iimbauan pelaksanaan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi perusahaan swasta, BUMN, dan BUMD di wilayah provinsi DKI Jakarta pun turut melampirkan skema rekayasa lalu lintas di Jakarta selama perhelatan KTT ASEAN ke-43. Namun, operasional transportasi umum seperti MRT, LRT, dan Transjakarta dipastikan tetap berjalan.

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi V Kemenhub KTT ASEAN Muhammad Iqbal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :