Selasa, 30/04/2024 09:14 WIB

Sahroni Minta Polisi Bendung Penyebaran Senpi Ilegal: Berantas Supplier

Ahmad Sahroni meminta agar Satgassus tidak hanya menindak penjual, namun juga mengusut jaringan suplainya.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni

Jakarta, Jurnas.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto membentuk satuan tugas khusus (Satgassus) untuk mengungkap kasus jual senjata api (senpi) ilegal, baik itu rakitan maupun pabrikan.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan, satgas khusus itu dibentuk untuk menyikapi maraknya peredaran senpi ilegal di kalangan masyarakat. Hengki juga menerangkan, satgas khusus ini turut melibatkan Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya lantaran senpi ilegal ini ternyata banyak dijual secara online.

Pembentukan Satgassus ini lantas mendapat dukungan dari Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Politikus NasDem ini meminta agar Satgassus tidak hanya menindak penjual, namun juga mengusut jaringan suplainya.

“Tentu kita dukung pembentukan satgassus pemberantasan senpi ilegal oleh Pak Kapolda Metro ini. Karena penyelundup senpi ini sudah mulai terang-terangan, mereka bahkan berani jual lewat online. Jadi ini benar-benar harus ditertibkan, mulai dari pemasok, penengah, penjual, pembeli, tangkap semua. Ini jelas kejahatan serius dan membahayakan masyarakat,” ujar Sahroni, Jakarta, Kamis (24/8).

Sahroni juga meminta Satgassus tidak segan jika di tengah penyelidikan, terdapat oknum-oknum dari suatu instansi yang diduga terlibat. Jutsru Sahroni menilai, dengan keberadaan Satgassus, tindakan terhadap para oknum dapat lebih tegas dan cepat.

“Tidak menutup kemungkinan, di tengah penyelidikan nanti, satgassus akan menemukan oknum-oknum instansi yang turut terlibat. Jika itu terjadi, apapun peran oknum tersebut, saya minta satgassus berani tindak dengan tegas dan cepat. Tidak boleh ada konflik kepentingan di sana, engga ada urusan,” tambahnya.

Terakhir Sahroni berharap, pembentukan Satgassus pemberantasan senpi ilegal ini tidak hanya formalitas belaka, atau sekedar merespons kasus-kasus yang terjadi belakangan ini. Lebih dari itu, Sahroni ingin Satgassus benar-benar membuktikan urgensi pembentukannya.

“Karena kalau tidak ada progres yang berarti, masih lambat, masih kesulitan akses informasi, pencegahan masih kurang, buat apa dibentuk? Satgassus ini kan hadir untuk menyatukan seluruh sumber daya yang dimiliki Polri guna mengusut senpi ilegal. Jadi (satgassus) harus benar-benar tunjukan kinerja yang maksimal,” pungkas Sahroni.

KEYWORD :

Ahmad Sahroni Komisi III DPR Penyebaran Senpi Ilegal Berantas Supplier Senpi Ilegal Polda Metro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :