Kamis, 16/05/2024 10:32 WIB

Bandara Dubai Layani 41,6 Juta Penumpang, Lampaui Lalu Lintas Sebelum Pandemi

Gerbang utama Dubai mengalami lonjakan lalu lintas penumpang sebesar 49 persen pada paruh pertama tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022

Pelancong maskapai penerbangan menunggu untuk melewati pemeriksaan imigrasi di Bandara Internasional Dubai di Uni Emirat Arab pada 25 Agustus 2016 [Robert Nickelsberg / Getty Images]

JAKARTA, Jurnas.com - Lalu lintas penumpang Bandara Internasional Dubai telah melampaui tingkat sebelum pandemi, dengan 41,6 juta orang menggunakan pusat transit tersebut selama enam bulan pertama tahun ini.

Otoritas Bandara Dubai mengatakan, gerbang utama Dubai mengalami lonjakan lalu lintas penumpang sebesar 49 persen pada paruh pertama tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022, sedikit melebihi lalu lintas pada tahun 2019.

India adalah negara tujuan teratas dalam hal lalu lintas dengan enam juta penumpang selama periode tersebut, diikuti oleh Arab Saudi, Inggris, Pakistan, dan Amerika Serikat (AS).

London merupakan kota tujuan wisata teratas dengan 1,7 juta penumpang, diikuti oleh Mumbai dan Riyadh dengan masing-masing 1,2 juta penumpang.

"Saat kami pulih dengan lalu lintas H1 kami yang melampaui tingkat pra-pandemi, kami terus berkomitmen untuk memastikan setiap tamu yang bepergian melalui bandara kami pergi dengan senyuman," kata Kepala Eksekutif Bandara Dubai, Paul Griffiths.

Griffiths mengatakan dia memperkirakan bandara tersebut telah melayani 85 juta penumpang pada akhir tahun, hanya 1,6 persen dari lalu lintas tahunan pada 2019.

"Kami memulai semester kedua dengan permintaan yang kuat pada bulan Juli, dan dengan puncak musim yang sedang berlangsung bertepatan dengan pembukaan kembali sekolah pada bulan Agustus, kami bersiap menghadapi sisa tahun yang sangat sibuk ini," kata dia.

Dubai dibuka kembali untuk pariwisata pada pertengahan tahun 2020 di tengah puncak pandemi COVID-19 ketika banyak destinasi lainnya ditutup dan telah pulih dengan kuat sejak bangkitnya kembali perjalanan internasional.

Dubai menyambut lebih dari 14 juta wisatawan internasional pada tahun 2022, hampir dua kali lipat jumlah tahun sebelumnya, menurut Departemen Ekonomi dan Pariwisata.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina, investor Rusia yang melarikan diri dari perang telah membantu memicu ledakan real estate di emirat tersebut.

Bandara Internasional Dubai telah menjadi bandara internasional tersibuk di dunia selama dekade terakhir. Pusat transit ini melayani 257 tujuan di 104 negara dan 91 maskapai penerbangan internasional.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Bandara Internasional Dubai Bandara Tersibuk di Dunia Negara Teluk




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :