Senin, 20/05/2024 09:04 WIB

Aset Iran yang Dibekukan ditransfer ke Bank Sentral Swiss

 Aset Iran yang telah dibekukan di Korea Selatan dipindahkan ke bank sentral Swiss minggu lalu untuk ditukar dan ditransfer ke Iran.

Bendera Iran melambai di depan markas Badan Energi Atom Internasional (IAEA) di Wina, Austria pada 23 Mei 2021. (Foto: Reuters/Leonhard Foeger)

JAKARTA, Jurnas.com - Aset Iran yang telah dibekukan di Korea Selatan dipindahkan ke bank sentral Swiss minggu lalu untuk ditukar dan ditransfer ke Iran.

Demikian dilaporkan media Korea Selatan, Yonhap Infomax pada Senin (21/8) mengutip sumber pasar mata uang yang tidak disebutkan namanya.

Bank Nasional Swiss berencana menukar $6 miliar kepemilikannya dalam bentuk won dengan dolar dan kemudian euro di pasar mata uang, mengubah sekitar 300 miliar won ($223,85 juta) menjadi 400 miliar setiap hari selama lima minggu ke depan.

Seorang pejabat di Kementerian Keuangan Korea Selatan menolak untuk mengkonfirmasi laporan tersebut, dengan alasan sensitivitas hukum dan diplomatik dari masalah tersebut.

Iran dan Amerika Serikat (AS) baru-baru ini mencapai kesepakatan di mana lima warga AS yang ditahan di Iran akan dibebaskan sementara aset Iran di Korea Selatan akan dicairkan dan dikirim ke rekening di Qatar yang dapat diakses Iran.

Presiden Iran Ebrahim Raisi mengatakan pekan lalu bahwa aset yang dirilis akan digunakan untuk meningkatkan produksi dalam negeri.

Sumber: Al Arabiya

KEYWORD :

Iran Swiss Korea Selatan Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :