Sabtu, 11/05/2024 20:40 WIB

Panas 50 Derajat Celcius, Hewan di Kebun Binatang Bagdad Terancam Mati

Suhu pada Senin (14/8) mencapai 50 derajat Celcius di Baghdad untuk hari kedua berturut-turut - membuat kehidupan di luar ruangan tak tertahankan bagi manusia dan hewan.

Seekor harimau Siberia di Kebun Binatang Bagdad, berendam di saat cuaca terik pada 8 Agustus 2023. (AFP/Ahmad Al-Rubaye)

JAKARTA, Jurnas.com - Sepasang harimau Siberia terengah-engah tak henti-hentinya di samping kolam di kandang kebun binatang di musim panas yang terik di ibukota Irak.

Suhu pada Senin (14/8) mencapai 50 derajat Celcius di Baghdad untuk hari kedua berturut-turut - membuat kehidupan di luar ruangan tak tertahankan bagi manusia dan hewan.

Wassim Sarih, dokter hewan di satu-satunya kebun binatang di Bagdad mengatakan, kucing oranye belang dari Rusia timur jauh lebih cocok untuk hidup di mana suhu turun hingga minus 20 derajat daripada di salah satu kota terpanas di dunia.

Kekurangan dana dan rusak karena kerusuhan dan salah urus selama bertahun-tahun, fasilitas kebun binatang yang bobrok memperburuk keadaan bagi sekitar 900 hewannya, termasuk singa, burung eksotis, beruang, dan monyet.

"Sebagian besar kandang terbuka dan menyesuaikan hewan yang hidup di iklim panas," kata Sarih. "Kami tidak punya satu untuk hewan yang terbiasa dengan hawa dingin."

Dalam upaya untuk menurunkan suhu, pendingin udara dipasang di depan kandang singa, dan kolam disediakan untuk beruang dan harimau.

Irak tidak dapat menyediakan listrik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan domestik dan akibatnya terganggu oleh pemadaman listrik yang dapat bertahan hingga 10 jam sehari.

Kebun Binatang Baghdad belum melihat renovasi besar sejak tahun 1970-an, kata direkturnya Haider al-Zamili, yang terpaksa menerima sedikit dana yang dialokasikan pihak berwenang.

Dengan kondisi seperti itu, kata Sarih, umur hidup satwa kita lebih pendek dibandingkan dengan kebun binatang lain.

Harimau Siberia di kebun binatang itu hidup selama 17 atau 18 tahun, sementara rekan-rekan mereka di kebun binatang lain memiliki harapan hidup 20 hingga 25 tahun, dengan panas yang membuat perbedaan, katanya.

Dokter hewan mengatakan kebun binatang telah kehilangan beruang, singa, dan burung dalam beberapa tahun terakhir, beberapa di antaranya karena suhu yang melonjak akibat perubahan iklim.

PBB mengatakan Irak adalah salah satu dari lima negara di dunia yang paling tersentuh oleh dampak perubahan iklim. Saat ini negara ini menghadapi tahun keempat berturut-turut kekeringan.

Tidak ada satu pun pengunjung yang terlihat di kebun binatang karena terlalu panas untuk keluar. Hanya teriakan monyet dan nyanyian burung yang terdengar.

Karrar Jassem, seorang pegawai kebun binatang, adalah salah satu dari sedikit orang yang terlihat berkeliaran di sekitar taman di bawah terik matahari sambil memberi makan hewan.

Seperti banyak pekerja luar ruangan di Irak yang terpapar panas, pria berusia 32 tahun itu mengatakan dia harus menafkahi keluarganya.

Dia hanya menghasilkan 250.000 dinar Irak sebulan (sekitar US$165 atau 150 euro). "Gaji karyawan sangat rendah dan tidak sesuai dengan bahaya yang mereka hadapi, seperti potensi cedera atau nyeri sendi," kata Sarih.

Dokter hewan mengatakan dia telah menghubungi pihak berwenang, termasuk pemerintah kota Baghdad, yang bertanggung jawab atas kebun binatang, tetapi belum menemukan "telinga yang mau menerima".

Sarih memperkirakan kebun binatang itu harus segera ditutup jika tidak ada rencana renovasi yang ambisius. "Maka seluruh masyarakat akan merugi," ujarnya.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Panas Ekstrem Kebun Binatang Baghdad Harimau




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :