Selasa, 14/05/2024 05:30 WIB

Pendiri Yandex Arkady Volozh Kecam Invasi Rusia ke Ukraina

Salah satu pendiri raksasa Internet Rusia Yandex, Arkady Volozh mengutuk invasi Rusia ke Ukraina,

Arkady Volozh, Co-Founder dan Chief Executive Officer Yandex Group of Companies, menghadiri sesi St Petersburg International Economic Forum (SPIEF), Rusia, pada 7 Juni 2019. (Foto: REUTERS/Maxim Shemetov)

JAKARTA, Jurnas.com - Salah satu pendiri raksasa Internet Rusia Yandex, Arkady Volozh mengutuk invasi Rusia ke Ukraina, beberapa hari setelah kritik di Rusia atas upayanya yang nyata untuk menjauhkan diri dari negara tersebut.

Volozh menggambarkan dirinya sebagai "wirausahawan teknologi Israel kelahiran Kazakhstan" di situs web pribadi, menuai kritik di media Rusia dan di platform pesan Telegram karena tampaknya mengecilkan hubungannya dengan Rusia.

Dia juga telah dikritik oleh mereka yang menentang tindakan Rusia karena tidak berbicara lebih tegas menentang perang.

"Invasi Rusia ke Ukraina adalah barbar, dan saya dengan tegas menentangnya," kata Volozh dalam sebuah pernyataan. "Saya ngeri dengan nasib orang-orang di Ukraina - banyak dari mereka adalah teman dan kerabat pribadi saya - yang rumahnya dibom setiap hari.

"Meskipun saya pindah ke Israel pada 2014, saya harus ikut bertanggung jawab atas tindakan negara," tulis Volozh, yang memegang paspor Rusia dan Israel.

Volozh mengembangkan Yandex di Rusia, menciptakan perusahaan teknologi terbesar di negara itu dan akhirnya menjadikannya publik di bursa saham Nasdaq AS pada tahun 2011.

Dia mengundurkan diri sebagai CEO dan meninggalkan dewan direksi setelah Uni Eropa memasukkannya ke dalam daftar sanksi terhadap entitas dan individu Rusia pada Juni 2022. Volozh menyebut keputusan Uni Eropa "salah arah".

Yandex sedang mengejar restrukturisasi perusahaan yang pada akhirnya akan melihat bisnis penghasil pendapatan utamanya di Rusia dipisahkan dari perusahaan induknya yang terdaftar di Belanda, Yandex NV.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022, Yandex berusaha menyeimbangkan tekanan domestik di satu sisi dengan investor Baratnya di sisi lain.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Yandex Arkady Volozh Invasi Rusia ke Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :