Senin, 13/05/2024 10:20 WIB

Aneh Banget, Twitter Sediakan Fitur Sembunyikan Centang Biru

Aneh Banget, Twitter Sediakan Fitur Sembunyikan Centang Biru

Akun Twitter Elon Musk (Foto: AFP/Chris Delmas)

San Francisco, Jurnas.com - Platform X yang sebelumnya dikenal dengan nama Twitter, kembali mengeluarkan kebijakan baru. Para pengguna kini diizinkan menyembunyikan centang biru, jika tak ingin menampilkan status tersebut.

Hal ini tentu menimbulkan banyak pertanyaan. Pasalnya, Twitter di bawah kepemilikan Elon Musk, menjadikan centang biru sebagai tanda pengguna yang berlangganan dengan biaya bulanan.

"Sebagai pelanggan, Anda dapat memilih untuk menyembunyikan tanda centang di akun Anda," demikian keterangan di halaman bantuan Twitter, dikutip dari AFP pada Kamis (3/8).

"Tanda centang akan disembunyikan di profil dan kiriman Anda," imbuhnya.

Sebelumnya, centang biru merupakan identitas khusus bagi pengguna tertentu, di antaranya selebritis, politisi, jurnalis, hingga tokoh publik. Verifikasi centang biru dimaksudkan untuk membangun kepercayaan di platform tersebut.

Namun bagi Musk, yang mengambil alih Twitter tahun lalu, verifikasi centang biru menciptakan kastanisasi baru. Dia menilai centang birus harusnya bisa diperoleh semua orang, dengan syarat membayar mulai dari US$8 per bulan.

Walhasil, tanda centang biru yang sebelumnya menjadi kebanggaan warga Twitter, kini seolah menjadi aib pasca sederet kebijakan kontroversial Musk mengubah wajah Twitter.

"Centang biru sekarang sangat beracun, sehingga Anda dapat menyembunyikan fakta bahwa Anda memilikinya," tulis @ianvisits.

KEYWORD :

Twitter Platform X Centang Biru Elon Musk




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :