Selasa, 14/05/2024 16:27 WIB

Gibran dan Selvi Ananda Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta, Selvi Ananda komitmen percepat penurunan stunting.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo. (Foto: Ist)

SEMARANG, Jurnas.com - Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta, Selvi Ananda meraih penghargaan Manggala Karya Kencana atas dedikasi mereka dalam program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan percepatan penurunan stunting.

 

Penghargaan itu diserahkan langsung Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo dalam Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Kota Solo di Pendopo Gedhe Balaikota Surakarta, Rabu (2/8).

Manggala Karya Kencana adalah penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN kepada individu yang dinilai mampu berkomitmen dan berdedikasi dalam program Bangga Kencana serta turut berperan aktif dalam percepatan penurunan stunting di Indonesia.

Gibran dinilai punya komitmen tinggi membawa Kota Surakarta mencapai zero stunting pada 2024. Demikian juga Selvi Ananda yang gencar mengajak masyarakat untuk terlibat dalam percepatan penurunan stunting melalui pemeriksaan anak-anak baduta dan balita di Posyandu.

Hasto mengatakan, terjadi penurunan stunting yang signifikan Kota Surakarta. Pada 2021 angka prevalensi stunting di Kota Surakarta sebesar 20,4 persen dan pada 2022 turun menjadi 16,2 persen.

"Kota Surakarta ini bagus, karena dari angka stunting 20,4 persen turun jadi 16,2 persen pada 2022. Jadi, turunnya sekitar 4 persen lebih. Sementara secara nasional turun 2,8 persen. Saya berharap di akhir tahun 2023 ini Solo bisa dibawah 14 persen, dan saya kira ini bisa jadi percontohan untuk daerah lain," kata Hasto.

Menurut Hasto, kinerja dari Tim Pendaping Keluarga, PKK, Kader, beserta pemerintah terkait, kompak dalam bersinergi menuntaskan permasalahan stunting, sehingga Kota Surakarta, khususnya Walikota dan TP PKK Kota Surakarta layak untuk mendapatkan penghargaan ini.

"Kekompakan dari setiap tim, dan ada 1.000 lebih Tim Pendamping Keluarga yang dikerahkan di Solo. Lalu banyak juga inovasinya, terutama aplikasi di Solo ini sudah by name by address, sehingga bantuan bantuan yang disebar di Solo ini sudah tepat sasaran," ungkap Hasto.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kota Surakarta Purwanti menyebutkan bahwa masih banyak tantangan dan kendala dalam percepatan penurunan stunting di Kota Surakarta.

 

"Perlu disadari bahwa masih banyak tantangan dan kendala dalam percepatan penurunan stunting di Kota Surakarta, yakni terkait dengan mobilitas penduduk, faktor ekonomi, dan juga pola asuh anak," imbuhnya.

KEYWORD :

Manggala Karya Kencana Gibran Rakabuming Raka Percepatan Penurunan Stunting




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :