Senin, 20/05/2024 11:12 WIB

Ukraina Sudah Punya Rencana Rahasia jika Zelenskyy Terbunuh

Konstitusi negara dengan jelas menyatakan bahwa jika presiden tidak dapat memenuhi tugasnya, ketua parlemen Ukraina, saat ini Ruslan Stefanchuk yang harus mengambil alih.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara selama sesi parlemen di Kyiv, Ukraina, pada 3 Mei 2022. (Foto: Layanan Pers Presiden Ukraina/Handout via REUTERS)

JAKARTA, Jurnas.com - Ukraina dilaporkan telah menyiapkan rencana jika Presiden Volodymyr Zelenskyy terbunuh.  Ia disebut-sebut bisa digantikan oleh tim pejabat senior terpilih.

Demikian dilaporkan Politico pada Senin (31/7), mengutip sumber.

Konstitusi negara dengan jelas menyatakan bahwa jika presiden tidak dapat memenuhi tugasnya, ketua parlemen Ukraina, yang saat ini dijabat Ruslan Stefanchuk yang harus mengambil alih.

Namun, menurut laporan tersebut, angka yang terakhir tidak terlalu populer di kalangan publik Ukraina, dengan peringkat persetujuan hanya sekitar 40 persen.

Menurut pejabat dan analis Ukraina yang diwawancarai oleh outlet tersebut, ini berarti bahwa, jika Zelenskyy meninggal sebelum waktunya, negara tersebut akan dipimpin oleh dewan pemerintahan.

"Walupun Stefanchuk akan menjadi kepala resminya, itu juga akan terdiri dari anggota lain, termasuk Andrey Ermak, kepala kantor kepresidenan, Menteri Luar Negeri Dmitry Kuleba, dan Menteri Pertahanan Aleksey Reznikov," kata Politico.

Valery Zaluzhny, yang saat ini mengepalai militer Ukraina, juga diperkirakan akan mempertahankan jabatannya, menurut laporan tersebut.

Adrian Karatnycky, seorang rekan senior bukan penduduk di Dewan Atlantik, mengatakan kepada Politico bahwa Kiev memiliki tim kepemimpinan yang kuat" dan "kita akan melihat pemerintahan kolektif."

Dia menambahkan bahwa jika "sesuatu yang buruk terjadi pada Zelenskyy, itu tidak akan menentukan seperti yang Anda pikirkan."

Namun, Politico juga memperingatkan, hasil ini mungkin memiliki dampak terbatas di dalam negeri karena pendapat yang beragam tentang presiden Ukraina dan rasa persatuan nasional yang kuat.

Hal itu akan mengejutkan para pendukung Kiev di Barat, di mana Zelenskyy secara luas dianggap sebagai ikon perlawanan.

Pada Mei 2022, presiden Ukraina sendiri mengatakan bahwa Kiev memiliki "Rencana B" yang memperhitungkan kemungkinan kematiannya, menambahkan bahwa kabinet negara telah dipecah menjadi dua sehingga Ukraina tidak akan dibiarkan tanpa pertahanan jika yang terburuk terjadi.

Pada Maret 2022, Mikhail Podoliak, penasihat senior Zelenskyy, mengatakan bahwa bosnya telah selamat dari lebih dari selusin percobaan pembunuhan, dengan beberapa media Barat berspekulasi pada hari-hari awal konflik bahwa Moskow bermaksud untuk membunuh presiden Ukraina.

Namun, pada bulan April tahun yang sama, Sekretaris Pers Kremlin Dmitry Peskov menepis anggapan bahwa Rusia pernah memiliki rencana semacam itu.

Sumber: RT

KEYWORD :

Ukraina Volodymyr Zelenskyy Perang Rusia Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :