Kamis, 16/05/2024 10:11 WIB

Ganjar Pranowo Dinilai Semakin Kokoh Menjadi Capres

Potensi Ganjar Pranowo sebagai calon presiden semakin kuat berkat dukungan yang semakin solid dari partai-partai pendukung.

Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo saat meresmikan Rumah Aspirasi Relawan di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (1/6). (Foto: Dok. Liputan6)

Jakarta, Jurnas.com Potensi Ganjar Pranowo sebagai calon presiden semakin kuat berkat dukungan yang semakin solid dari partai-partai pendukung. Sehingga, tak ada alasan bagi Ganjar Pranowo untuk berubah posisi menjadi cawapres.

Politikus Hanura, Inas Nasrullah, menyatakan kebingungannya atas munculnya narasi yang mendorong Ganjar Pranowo untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres).

"Apabila ada narasi yang menginginkan Ganjar Pranowo menjadi bakal cawapres dari capres lain, yang membuat narasi tersebut miskin ilmu politiknya," ujar Inas.

Inas menegaskan, Ganjar memiliki modal besar untuk menjadi capres dan berpotensi memenangkan Pilpres 2024. Selain memiliki elektabilitas yang tinggi, Ganjar Pranowo telah mendapatkan dukungan dari PDI Perjuangan.

PDI Perjuangan adalah satu-satunya partai yang memenuhi syarat minimum 20% jumlah kursi DPR pada Pemilu 2019 dan dapat mengusung capres-cawapres sendirian tanpa berkoalisi dengan partai lain.

"Bukankah Ganjar Pranowo diusung untuk menjadi capres oleh PDI Perjuangan yang memiliki suara terbanyak dalam pilpres yang lalu? Ganjar Pranowo punya modal besar untuk menarik minat partai lain bergabung, yakni elektabilitas yang tinggi dan sudah memenuhi PT (presidential threshold), mau apalagi?," ujar Inas.

Inas berpendapat bahwa alangkah baiknya partai politik lain segera berkoalisi untuk mendukung Ganjar sebagai calon presiden. Ia berharap partai-partai yang belum bergabung dapat segera menyatukan dukungan mereka untuk Ganjar Pranowo.

Hingga saat ini, Ganjar Pranowo telah mendapatkan dukungan dari PDI Perjuangan, Hanura, PPP, dan Perindo. Terdapat potensi bahwa Partai Golkar juga akan ikut mengusung Ganjar.

Pertemuan antara Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, dengan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, menunjukkan sinyal positif. Keduanya sepakat untuk membentuk tim teknis untuk menyusun format kerja sama.

Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah, menyatakan, "Insyaallah kerja sama kedua partai tak lama lagi akan segera disepakati pimpinan kami masing-masing."

KEYWORD :

Ganjar Pranowo Ganjar Pranowo Capres PDIP Ganjar Pranowo Semakin Kokoh Partai Koalisi Partai




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :