Kamis, 09/05/2024 14:36 WIB

Keren, Tommy Kurniawan Fasilitasi Legalitas dan Sertifikasi Usaha Pelaku UMKM di Kabupaten Bogor

Beri pelatihan UMKM, Tommy Kurniawan fasilitasi pelaku UMKM dalam hal legalitas usaha dan sertifikasi usaha

Anggota DPR RI Komisi VI Tommy Kurniawan bersama dengan pengusaha UMKM di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Foto: Jurnas/Ira).

Jakarta, Jurnas.com- Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKB, Tommy Kurniawan memberikan pengarahan dalam kegiatan Pelatihan Penyuluhan Keamanan Pangan yang diadakan bersama mitra kerjanya yaitu Pertamina Gas Negara (PGN) pada Kamis (20/07/2023). Pelatihan ini bertujuan untuk memfasilitas pelaku UMKM dalam hal legalitas usaha dan sertifikasi usaha, pelatihan ini di ikuti oleh pelaku UMKM dari 16 Kecamatan di Kabupaten Bogor.

Acara yang bertempat di Hotel Swiss Belcourt Bogor ini menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor untuk memberikan materi pelatihan kepada para pelaku UMKM. Dalam pelatihan ini terdapat 3 materi yang menjadi fokus utama yaitu Kebijakan Keamanan Pangan, Cara Produksi Pangan Olahan Yang Baik (CPPB) Untuk Industri Rumah Tangga dan Persyaratan Label & Iklan Pangan dan Keamanan, Mutu dan Regulasi Pangan.

Dalam pengarahannya, Tommy Kurniawan mengapresiasi adanya kegiatan ini dikarenakan dapat membantu para pelaku UMKM di Kabupaten Bogor untuk mendapatkan legalitas usaha dan sertifikasi usaha.

“Saya kaget sekaligus senang karena yang saya tau saya hanya memfasilitasi legalitas usaha, namun ternyata realisasinya peserta pelatihan ini langsung mendapatkan 5 sertifikasi yaitu NIB, PKP, PIRT, Halal dan HAKI,” kata Tommy Kurniawan.

Ketua Umum Garda Bangsa PKB ini juga berharap bahwa kedepannya para pelaku UMKM di seluruh Kabupaten Bogor dapat terfasilitasi dalam hal legalitas usaha dan sertifikasi usaha khususnya bagi UMKM di bidang makanan dan minuman.

“Berbagai sertifikasi bagi UMKM sangat penting untuk difasilitasi, dikarenakan dapat mendukung perkembangan UMKM serta membuat masyarakat lebih percaya untuk membeli produk UMKM,” ungkap pria yang akrab disapa TomKur ini.

Tommy Kurniawan juga mengatakan bahwa legalitas usaha bagi UMKM sangat penting untuk difasilitasi karena menyangkut perlindungan dan kepastian hukum bagi pelaku UMKM.

“Saya memfasilitasi legalitas usaha bagi UMKM dengan harapan pelaku UMKM dapat berkembang besar dan dapat memberikan kepercayaan kepada pelanggan, mitra bisnis, dan investor bahwa bisnis tersebut dijalankan dengan integritas dan sesuai dengan standar yang ada, serta legalitas usaha ini dapat melindungi keberlangsungan bisnis para pelaku UMKM.” Jelas Kader dari Partai Kebangkitan Bangsa Ini.

Turut hadir pula dan memberikan sambutan dalam pelatihan ini Kepala Dinas Koperasi & UMKM Kabupaten Bogor, Bapak Asep Mulyana Sudrajat dan Ketua Yayasan Aulia Malika Insani, Bapak Inan Sunjaya selaku pelaksana kegiatan pelatihan ini.

KEYWORD :

Tommy Kurniawan Pelaku UMKM Legalitas Usaha Kabupaten Bogor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :