Minggu, 05/05/2024 00:26 WIB

Jadi Guru Besar UNJ, Wasekjen PGRI Tekankan Strategi Komunikasi

Jadi Guru Besar UNJ, Wasekjen PGRI Tekankan Strategi Komunikasi

Guru Besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prof. Fathiyaty Murtadho (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengukuhkan Prof. Fathiaty Murtadho sebagai Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni, pada Rabu (12/7) kemarin di Kampus UNJ, Jakarta.

Dalam pidato pengukuhannya, Fathiaty yang merupakan Wakil Sekretaris Jenderal Persatuan Guru Republik Indonesia (Wasekjen PGRI), menyoroti pola komunikasi antarpersonal maupun antarlembaga yang selama ini menghasilkan luaran (output) yang kurang baik.

Sebagai contoh, lanjut Fathiaty, komunikasi pemimpin negara berpengaruh terhadap pola informasi yang harus disampaikan kepada rakyat. Sayangnya, pesan-pesan tersebut akhir-akhir ini dipertontonkan dengan cara-cara yang kurang baik, sehingga berujung saling mengejek, menyalahkan, dan menghujat.

"Semua unsur komunikator baik individu maupun lembaga sebaiknya memperhatikan strategi komunikasi ketika akan menyampaikan message, baik kepada komunikan yang bersifat perorangan maupun masyarakat luas," kata Fathiaty.

Tidak hanya berdampak pada output yang lebih baik, produk komunikasi yang tepat juga akan melahirkan pendidikan karakter yang baik bagi komunikan. Sebab, informasi berfungsi menginformasikan, mendidik, dan mempengaruhi.

"Karenanya jika produk-produk komunikasi bahasa yang dicontohkan menggunakan bahasa yang kurang baik, maka karakter komunikan juga berpengaruh tidak baik. Padahal di masa yang akan datang kita harus memiliki komunikan yang memiliki karakter yang baik dengan penggunaan bahasa yang santun, beretika, dan saling menghargai satu sama lain," terang dia.

Pengunaan strategi komunikasi, imbuh Fathiyaty, seyogyanya dilakukan dalam merencanakan, menata, dan menampilkan bahasa secara baik, agar dapat membina saling pengertian kerja sama dan kedamaian dalam masyarakat.

"Kedamaian masyarakat sebagai komunikan merupakan cita-cita bagi semua rakyat Indonesia di masa yang akan datang. Kita harus merencanakan Indonesia baru yang maju dalam berbahasa, berpikir, bertindak dan berperilaku, tetapi penuh kedamaian karena penggunaan bahasa yang menyejukkan," sambung dia.

Sementara itu, Rektor UNJ, Prof. Komarudin mengatakan pengukuhan tiga guru besar dari Fakultas Bahasa dan Seni, serta Fakultas Ilmu Sosial menjadi prosesi keempat sepanjang tahun ini. Selanjutnya, akan dikukuhkan lagi tujuh guru besar.

Terkait judul tema pidato pengukuhan Prof. Fathiaty, Komarudin menyebut strategi komunikasi berperan penting dalam perencanaan Indonesia baru, guna menghubungkan dan mempengaruhi sikap berbagai stakeholder untuk turut aktif membangun bangsa yang maju dan unggul.

"Adapun pada konteks pendidikan tinggi, Prof. Fathiyaty merekomendasikan untuk menyiapkan mahasiswa yg mampu menerapkan strategi komunikasi dengan baik melalui kurikulum yg terintegrasi, pelatihan keterampilan komunikasi, pengembangan kepekaan lintasbudaya, penerapan teknologi komunikasi, pengalaman praktis, dan pembelajaran sepanjang hayat," tutup dia.

KEYWORD :

Wasekjen PGRI Guru Besar UNJ Fathiyaty Murtadho Strategi Komunikasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :