Senin, 13/05/2024 17:45 WIB

NATO Lacak Pergerakan Tentara Bayaran Rusia

Pejuang tentara swasta maupun pemimpin mereka tidak mengasingkan diri di Belarusia.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg (Foto: Anadolu Agency)

JAKARTA, Jurnas.com - NATO mengikuti dengan cermat pergerakan pasukan tentara bayaran Rusia, Wagner serta bos mereka, Yevgeny Prigozhin, kata sekretaris jenderal aliansi militer Barat, menyusul pengungkapan bahwa baik pejuang tentara swasta maupun pemimpin mereka tidak mengasingkan diri di Belarusia.

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg membuat komentarnya pada Kamis (6/7) di tengah laporan bahwa Prigozhin telah kembali ke Rusia dan belum menerima tawaran pengasingan di Belarusia, yang disetujui setelah pasukan Wagner memulai dan mengakhiri pemberontakan 24 jam terhadap kepemimpinan militer Rusia pada 24 Juni.

Ditanya oleh editor diplomatik Al Jazeera James Bays untuk mengomentari laporan bahwa Prigozhin telah kembali ke kota Rusia St Petersburg, Stoltenberg mengatakan bahwa NATO telah melacak perjalanan pemimpin Wagner baru-baru ini, yang dia gambarkan sebagai "bergerak sedikit".

"Di Prigozhin, apa yang bisa kami katakan adalah bahwa kami memantau dengan cermat ke mana tentara Wagner bergerak, dan juga ke mana dia (Prigozhin) bergerak," kata Stoltenberg di Brussel.

"Saya tidak akan merinci, tetapi kami telah melihat beberapa persiapan untuk menampung kelompok besar tentara Wagner di Belarusia. Sejauh ini kami belum melihat begitu banyak dari mereka pergi ke Belarusia," katanya.

"Dan kemudian kita telah melihat Mr Prigozhin bergerak sedikit," kata Stoltenberg, menambahkan bahwa dia tidak akan merinci lebih jauh.

Kembalinya Prigozhin ke Rusia diungkapkan oleh Presiden Belarusia Alexander Lukashenko pada hari Kamis.

Lukashenko, yang memediasi kesepakatan pengasingan yang mengakhiri pemberontakan Wagner bulan lalu mengatakan bahwa setelah beberapa saat di Belarusia, kepala suku Wagner telah kembali ke Rusia.

"Adapun Prigozhin, dia ada di St Petersburg. Dia tidak berada di wilayah Belarusia," kata Lukashenko kepada wartawan.

"Di mana dia tadi pagi? Mungkin dia pergi ke Moskow, atau tempat lain. Tapi dia tidak berada di Belarusia," kata Lukashenko, menurut kantor berita Belarusia, BelTA.

Lukashenko juga mengatakan bahwa pasukan Wagner berada di kamp mereka, tetapi dia tidak merinci lokasi kamp tersebut. Dia memang mengatakan bahwa pasukan Wagner ditawari penggunaan kamp militer Belarusia, tetapi kelompok bersenjata swasta belum membuat keputusan akhir. Wagner memelihara kamp di Rusia dan wilayah Ukraina yang diduduki Rusia.

Menurut BelTA, Lukashenko mengatakan bahwa dia berencana untuk segera bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membahas situasi Wagner, di antara topik lainnya, dan dia tidak berpikir akan ada "masalah" dengan tentara bayaran Wagner yang terus bekerja "untuk kepentingan Rusia” terlepas dari pemberontakan mereka baru-baru ini.

“Seseorang tidak boleh kehilangan unit seperti itu terlepas dari semua detail yang halus," kata Lukashenko, menurut BeltA. "Saya berharap seluruh pasukan bertempur sebaik orang-orang ini. Tapi ini adalah masalah Federasi Rusia dan Presiden Putin,” tambahnya.

Kembalinya Prigozhin ke Rusia

Tak lama setelah pemberontakan Wagner yang dibatalkan di Rusia, yang melihat para pejuang Wagner datang dalam jarak 200 km (124 mil) dari Moskow, Stoltenberg mengatakan bahwa NATO sedang mempersiapkan kedatangan pasukan Wagner di Belarusia dan bahwa aliansi Barat akan melindungi "setiap sekutu, setiap jengkal wilayah NATO" dari ancaman baik dari "Moskow atau Minsk".

Kembalinya Prigozhin ke Rusia menimbulkan banyak pertanyaan tentang kesepakatan yang mengakhiri tantangan militer Wagner terhadap kekuasaan Putin.

Ditanya tentang keberadaan Prigozhin pada Kamis, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengabaikan pertanyaan itu, dengan mengatakan bahwa Moskow tidak memiliki keinginan atau sarana untuk melacak pergerakannya. tetapi menegaskan kembali bahwa kesepakatan yang mengakhiri pemberontakan membayangkan kepindahan bos Wagner ke Belarusia.

Lembaga pemikir yang berbasis di Washington DC, Institute for the Study of War (ISW) menggambarkan pernyataan Peskov tentang Prigozhin sebagai "tidak masuk akal", mencatat bahwa dinas keamanan Rusia "memiliki kemampuan untuk menahan Prigozhin atau membatasi pergerakannya di Rusia" jika mereka mau. .

ISW juga mengatakan pada hari Kamis bahwa Lukashenko tampaknya berusaha menjauhkan diri dari kesepakatan pengasingan, dan "meletakkan tanggung jawab pada Kremlin untuk menegakkan kesepakatan".

“Kemampuan Prigozhin untuk beroperasi secara bebas di Rusia menunjukkan bahwa Prigozhin masih dilindungi oleh beberapa jaminan keamanan dan/atau bahwa Kremlin terus memprioritaskan merusak reputasinya di Rusia daripada menargetkan Prigozhin secara fisik atau legal,” kata ISW.

Sementara Kremlin berusaha mengecilkan fakta bahwa Prigozhin telah lolos dari hukuman atas pemberontakannya sejauh ini, TV pemerintah Rusia melancarkan serangan sengit terhadap kepala Wagner pada hari Rabu, mengatakan bahwa penyelidikan kriminal atas pemberontakan terhadap kepemimpinan militer Rusia masih berlangsung. .

Dalam sebuah program berjudul 60 Menit yang disiarkan di saluran TV Rusia Rusia-1, Prigozhin dicap sebagai "pengkhianat" dan pemirsa diberi tahu bahwa kasus terhadapnya sedang berjalan lancar.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Tentara Bayaran Wagner Perang Rusia Ukraina NATO Wanger kembali ke Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :