Selasa, 07/05/2024 14:09 WIB

Pimpinan DPR Ingatkan Kemenag: Pelaksanaan Haji Harus Lebih Profesional

Saya pikir pelaksanaan haji itu sebenernya Kementerian Agama sudah menjalankan tupoksinya dan petugas-petugas kita juga sudah bekerja dengan baik.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua DPR RI, Dasco, mengapresiasi kinerja pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) dalam pelaksanaan haji di tahun 2023 ini.

"Saya pikir pelaksanaan haji itu sebenernya Kementerian Agama sudah menjalankan tupoksinya dan petugas-petugas kita juga sudah bekerja dengan baik," kata Dasco di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (3/7). 

Kendati begitu, Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini menilai, masih harus ada evaluasi terhadap penyedia layanan haji Arab Saudi yang menjadi mitra Kemenag

"Tetapi ke depan memang pelaksanaannya harus lebih profesional dalam arti kata yang kita evaluasi itu adalah mitranya Kemenag atau mitra kita di Arab Saudi," jelas Dasco. 

Selain itu, dia juga meminta agar ke depannya Kemenag juga harus dapat mencari mitra yang tepat dalam pelaksanaan haji. Mengingat masih banyaknya kekurangan dari mitra yang sekarang hingga membuat banyak jamaah haji Indonesia menjadi terlantar selama di Arafah, Muzdalifah dan Mina. 

"Yang ketiga yang melakukan pelaksanaan ini yang kemudian kita harus melakukan evaluasi-evaluasi ke depan dalam hal mencari mitra yang tepat agar pelaksanaan haji bisa berjalan dengan lebih baik daripada sekarang," tegasnya.

Para jemaah haji Indonesia menghadapi beberapa masalah teknis sejak Rabu lalu. Mereka mengeluhkan keterlambatan kedatangan bus penjemput dari Muzdalifah ke Mina. Terdapat pula pula kabar katering jemaah yang datang amat lambat.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief telah menegaskan pihak Mashariq lamban dalam menyiapkan layanan jemaah haji di Muzdalifah dan Mina. Mashariq merupakan perusahaan yang menyediakan pelbagai layanan haji di Saudi.

"Kita sudah sampaikan protes keras ke Mashariq terkait persoalan yang terjadi di Muzdalifah. Kita juga meminta agar tidak ada persoalan dalam penyediaan layanan di Mina," tegas Hilman.

 

KEYWORD :

Warta DPR Sufmi Dasco Ahmad haji Kemenag Arab Saudi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :