Selasa, 30/04/2024 02:35 WIB

Dua Hari Setelah Lebaran, Harga Bapok Stabil di Salatiga

Berdasarkan pantauan kami dalam dua hari terakhir, harga-harga bapok di wilayah Jawa Tengah, terutama di Semarang dan Salatiga, terpantau stabil cenderung turun.

Mendag Zulkifli Hasan di Pasar Raya I Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (1/7).

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan mengatakan, harga sejumlah barang kebutuhan pokok (bapok) di Salatiga, Jawa Tengah terpantau stabil, bahkan turun. Selain itu, pasokannya pun terpantau cukup.

Hal tersebut tergambar dari hasil pantauan harga-harga bapok oleh Mendag Zulkifli Hasan di Pasar Raya I Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (1/7).

"Saat ini harga-harga bapok di Salatiga terpantau stabil. Di sini rata-rata harga ayam Rp36 ribu per kilogram. Cabai merah keriting, bawang putih kating, dan bawang merah sama-sama Rp35 ribu per kilogram. Telur ayam antara Rp29–30 ribu per kilogram. Berdasarkan pantauan kami dalam dua hari terakhir, harga-harga bapok di wilayah Jawa Tengah, terutama di Semarang dan Salatiga, terpantau stabil cenderung turun," kata Mendag Zulkifli Hasan.

Berdasarkan pantauan hari ini di Pasar Raya I Salatiga, harga-harga sejumlah komoditas bapok lainnya antara lain beras medium Rp9.450/kg, beras premium Rp12.500–13.000/kg, gula pasir Rp 14.000 per kg, minyak goreng premium Rp17.000–19.000/liter, Minyakita Rp14.000/liter, daging sapi Rp120.000–130.000/kg, cabai merah besar Rp45.000/kg, cabai merah keriting Rp35.000/kg, dan cabai rawit merah Rp25.000/kg.

Sebelumnya, Mendag Zulkifli Hasan juga meninjau Pasar Bandarjo di Ungaran, Kabupaten Semarang pada Jumat (30/6) dan Pasar Kalianda di Lampung Selatan pada Rabu (28/6).

Mendag Zulkifli Hasan juga mempersilakan masyarakat untuk berbelanja seperti biasa. "Silakan belanja ke pasar seperti biasa. Bapok cukup dan harganya stabil," pungkas Mendag Zulkifli Hasan.

Dalam peninjauan, Mendag Zulkifli Hasan didampingi Staf Khusus Menteri Perdagangan BidangHubungan Antar Lembaga Syailendra, Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kementerian Perdagangan Bambang Wisnubroto, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Ratna Kawuri, serta Kepala Dinas Perdagangan Kota Salatiga Kusumo Aji.

KEYWORD :

Harga Bapok Jawa Tengah Zulkifli Hasan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :