Senin, 29/04/2024 05:16 WIB

Hari Pelaut Sedunia, Ditjen Hubla dan WIMA Indonesia Gelar Kampanye Keselamatan Pelayaran

Tahun ini perayaan Hari Pelaut Sedunia 2023 mengusung tema

Kiri-kanan: Sekditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Lollan Panjaitan, Ketua Umum WIMA Indonesia Chandra Motik, Dirjen Perhubunga Laut Kementerian Perhubungan Arif Toha, dan Dirut PT Pelni Tri Andayani. Foto: jurnas

BALI, Jurnas.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan berkolaborasi dengan Woman in Maritime (WIMA) Indonesia menggelar rangkaian kegiatan Kampanye Keselamatan Pelayaran dalam rangka Hari Pelaut Sedunia Tahun 2023 di Bali, Minggu-Senin (25-26/6/2023).

“Kegiatan ini menjadi momentum penting untuk mengapresiasi peran dan kontribusi para pelaut dalam perekonomian nasional dan internasional,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha saat membuka secara resmi gelaran tersebut.

Tahun ini perayaan Hari Pelaut Sedunia 2023 mengusung tema "Seafarers Contribution to Protecting the Marine Environment" yang artinya "Kontribusi Pelaut dalam Menjaga Lingkungan Laut".

"Tema ini sejalan dengan tema Hari Maritim Sedunia 2023 yaitu "MARPOL at 50 - Komitmen kami terus berlanjut" dan dirayakan dengan kampanye internasional bertajuk #OceanWorthProtecting," ujar Arif.

Melalui perayaan Hari Pelaut Sedunia dan kampanye "Oceans Worth Protecting," Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mendorong para pelaut untuk aktif berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan laut. Para pelaut, yang menghabiskan sebagian besar waktunya di laut, diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam melindungi dan melestarikan ekosistem laut.

"Ditjen Hubla menyadari pentingnya keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan laut. Lautan merupakan jalur perdagangan penting yang menghubungkan negara-negara dan memberikan kemakmuran bagi masyarakat. Namun, risiko dan bahaya di laut perlu diminimalkan untuk memastikan keselamatan pelayaran yang berkelanjutan," ungkap Arif.

Kampanye "Ocean Worth Protecting" mengajak semua pihak yang terlibat dalam industri pelayaran, mulai dari awak kapal, pengusaha, otoritas maritim, hingga masyarakat umum, untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga keselamatan di laut.

KEYWORD :

Hari Pelaut Sedunia 2023 Ditjen Hubla WIMA Ina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :