Senin, 29/04/2024 20:40 WIB

Anggota DPR Desak Pemerintah Turunkan Harga LPG Bersubsidi

Bila Pemerintah benar-benar memperhatikan dan membela nasib rakyat kecil, seharusnya harga gas LPG 3 kilogram bersubsidi atau gas melon tersebut sudah diturunkan. Minimal sebesar 30 sampai 40 persen dari harga yang ada sekarang.

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto. (Foto: Azka/Man)

Jakarta, Jurnas.com - Kalangan dewan mendesak Pemerintah segera menurunkan harga LPG 3 kilogram bersubsidi. Hal itu lantaran harga LPG dunia terus mengalami penurunan hingga saat ini.

Menurut Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto harga acuan dari CP Aramco yang berlaku sekarang jauh di bawah angka asumsi harga gas pada APBN tahun 2023.

“Bila Pemerintah benar-benar memperhatikan dan membela nasib rakyat kecil, seharusnya harga gas LPG 3 kilogram bersubsidi atau gas melon tersebut sudah diturunkan. Minimal sebesar 30 sampai 40 persen dari harga yang ada sekarang,” terang dia kepada wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (16/6).

Dari hasil perhitungan Pertamina, prognosa biaya subsidi LPG 3 kilogram tahun 2023 diketahui lebih rendah sebesar 32 persen atau sebesar Rp 32.4 triliun dibandingkan dengan DIPA tahun 2023, yang sebesar Rp117 triliun, dimana angka perhitungan ini didasarkan pada harga LPG CP Aramco sebesar USD 647,68 per metrik ton dan volume gas LPG sebesar 8,2 juta metrik ton.

"Artinya, dengan penurunan harga gas LPG dunia, telah terjadi penghematan anggaran subsidi gas LPG sebesar Rp 32.4 triliun. Dana sebesar itu dapat digunakan untuk menurunkan harga jual gas LPG 3 kg tersebut, sebesar 30 sampai 40 persen dari harga yang ada sekarang, kalau pemerintah mau," jelas Wakil Ketua Fraksi PKS ini.

Hal yang serupa juga berlaku untuk BBM bersubsidi, dimana asumsi perhitungan APBN tahun 2023 menggunakan ICP sebesar USD 90 per barel.  Sementara ICP per bulan Mei 2023 sebesar USD 70,12 per barel.

“Jadi ini soal mau dan tidak mau alias pemihakan kepada rakyat kecil saja," demikian Mulyanto.

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi VII PKS Mulyanto LPG bersubsidi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :