Minggu, 28/04/2024 21:49 WIB

Peneliti Girang Temukan Pohon Tumbuh di Gunung Braeriach

Peneliti Girang Temukan Pohon Tumbuh di Gunung Braeriach

Pepohonan tumbuh di salah satu gunung di Inggris (Foto: BBC)

London, Jurnas.com - Kabar menggembirakan datang dari para ilmuwan yang melakukan penelitian di pegunungan Skotlandia, Gunung Braeriach. Di gunung tertinggi nomor tiga di Inggris itu, ditemukan sebuah pohon cemara tumbuh.

Dikutip dari BBC pada Kamis (15/6), pohon cemara sitka tumbuh setinggi 1,12 meter. Bukti ini bisa menjadi tanda pemulihan hutan di puncak bukit yang sebelumnya pernah hilang.

Secara total, penelitian tersebut mendokumentasikan 11 catatan ketinggian baru untuk spesies pohon di Inggris. Penelitian ini dipublikasikan di Botanical Society of Britain and Ireland`s British and Irish Botany journal.

Temuan lain termasuk tumbuhan dedalu di Beinn Èibhinn, gunung terpencil di Dataran Tinggi. Juga, pohon cemara sitka yang bukan asli Skotlandia, di Ben Vorlich di Arrochar Alps Argyll.

"Saya sekarang telah menaiki lebih dari 200 (pegunungan) Munros meskipun saya harus mengakui bahwa saya kehilangan hitungan karena saya lebih peduli dengan pencatatan distribusi dan ketinggian pohon dan tanaman gunung lainnya," kata peneliti asal Stirling`s Faculty of Natural Sciences.

"Sangat menarik menemukan pohon yang tumbuh pada batas mutlak toleransi lingkungan untuk spesies ini. Beberapa berada 200m di atas ketinggian yang diketahui sebelumnya," sambung dia.

"Ini menunjukkan kepada kita bahwa ada potensi restorasi hutan di pegunungan Inggris setelah berabad-abad hilangnya dan degradasi habitat," tutup dia.

KEYWORD :

Gunung Braeriach Inggris Restorasi Pemulihan Hutan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :