Rabu, 22/05/2024 05:34 WIB

Anak Muda Lebih Suka Prabowo Subianto, Ini Alasannya

Mayoritas anak muda lebih memilih calon presiden (Capres) Prabowo Subianto untuk memimpin Indonesia ke depan. Alasannya, Prabowo dinilai lebih tegas dan beribawa.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto istimewa/Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Mayoritas anak muda lebih memilih calon presiden (Capres) Prabowo Subianto untuk memimpin Indonesia ke depan. Alasannya, Prabowo dinilai lebih tegas dan beribawa.

Hal itu berdasarakan hasil survei yang dirilis The Indonesian Institute Center for Public Policy Research (TII) yang dilakukan sejak Mei 2023 untuk melihat capres mana yang paling banyak dipilih anak muda.

Manajer Riset dan Program TII, Arfianto Purbolaksono mengatakan, dari 165 responden dengan rentang usia 17 hingga 30 tahun, sebanyak 24,24 persen memilih Prabowo. Dimana, Prabowo dianggap lebih tegas dan berwibawa.

"Selain itu juga terdapat faktor Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ikut mendorong nama Prabowo menjadi alasan responden memilih Prabowo Subianto," kata pria yang disapa Anto melalui keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (15/6).

Kemudian, kata Anto, di urutan kedua terdapat Ganjar Pranowo yang dipilih oleh 16,97 persen responden. Menurutnya, alasan responden memilih Ganjar ialah karena gaya komunikasinya mirip seperti Jokowi yang merakyat.

Sementara, posisi ketiga ditempati Anies Baswedan. Anies dipilih oleh 10,30 persen responden. Alasan responden memilih Anies karena yang bersangkutan dinilai sebagai sosok yang cerdas dengan latar belakang akademisi.

"Namun, yang penting juga untuk digarisbawahi oleh para kandidat Calon Presiden, angka responden yang belum menentukan pilihan malah cukup besar yaitu 41,82 persen. Sedangkan responden yang menyatakan tidak akan menggunakan hak pilihnya sebesar 6,67 persen,” jelasnya.

Kemudian, Anto mengungkap kalau dalam survei yang digelar 8-31 Mei 2023 tersebut juga menemukan tingkat ketidakketerpilihan capres. Untuk Prabowo sendiri memiliki tingkat tidak keterpilihannya sebesar 7,27 persen.

Sedangkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan mendapatkan tingkat ketidakketerpilihan yang jauh melampaui angka keterpilihannya.

"Ganjar mendapatkan tingkat ketidakketerpilihan sebesar 21.21 persen. Responden beralasan tidak memilih Ganjar karena beberapa faktor, seperti pernyataan Ganjar tentang penolakan keikutsertaan Tim Nasional Israel yang berujung pada gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan karena faktor partai pendukungnya yaitu PDIP,” terangnya.

Kemudian, Anies memperoleh tingkat ketidakketerpilihan paling besar yaitu 25.45 persen. Responden beralasan tidak memilih Anies karena rekam jejak yang dianggap gagal pada saat menjadi Gubernur di DKI Jakarta dan faktor pendukung yang dianggap menggunakan politik identitas sehingga akan membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa.

KEYWORD :

Prabowo Subianto Menhan Prabowo Subianto Prabowo Subianto Capres 2024 Anak Muda Suka Prabowo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :