Sabtu, 27/04/2024 21:14 WIB

Otoritas Iran Larang Ulama Sunni Terkemuka Tunaikan Haji Tahun Ini

Abdolhamid telah merencanakan untuk melakukan haji tahun ini, tetapi diberitahu oleh Kementerian intelijen Iran bahwa dia dilarang melakukannya.

Ulama Sunni terkemuka Iran, Molavi Abdolhamid. (Layartangkap/YouTube/Al Arabiya)

JAKARTA, Jurnas.com - Ulama Sunni terkemuka Iran, Molavi Abdolhamid telah dilarang oleh otoritas Iran untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

Menurut situs webnya, Abdolhamid telah merencanakan untuk melakukan haji tahun ini, tetapi diberitahu oleh Kementerian intelijen Iran bahwa dia dilarang melakukannya, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Menunaikan ibadah haji ke Mekkah, Arab Saudi, adalah salah satu rukun Islam. Diperkirakan, ibadah haji tahun ini akan dimulai pada akhir bulan.

Otoritas Iran belum memberikan tanggapan atau penjelasan resmi terkait masalah tersebut.

Berbasis di Zahedan, ibu kota provinsi tenggara Iran Sistan-Baluchistan, Abdolhamid telah menjadi pengkritik vokal rezim Iran sejak protes nasional meletus di negara itu setelah kematian Mahsa Amini, seorang wanita Kurdi Iran berusia 22 tahun.

Amini meninggal pada 16 September 2022, tiga hari setelah ditangkap oleh polisi moralitas di Teheran karena diduga melanggar aturan berpakaian ketat negara untuk wanita.

Abdolhamid memiliki pengaruh yang cukup besar dan sangat dihormati di kalangan minoritas Sunni Iran. Namun, kritiknya yang blak-blakan baru-baru ini terhadap rezim telah membuatnya semakin populer di kalangan orang Iran yang menentang Republik Islam.

Sistan-Baluchistan, yang berbatasan dengan Pakistan, adalah salah satu wilayah termiskin di Iran dan sebagian besar dihuni oleh etnis Baluchi Sunni, minoritas di Iran yang didominasi Syiah. Kelompok hak asasi manusia mengatakan mereka telah menghadapi diskriminasi dan represi selama beberapa dekade.

Protes anti-rezim sering terjadi di provinsi tersebut setelah salat Jumat selama beberapa bulan.

Menurut kelompok hak asasi manusia, ratusan orang dibunuh oleh pasukan keamanan selama protes yang dipicu oleh kematian Amini, dengan Sistan-Baluchistan memiliki jumlah kematian tertinggi.

Sumber: Al Arabiya

KEYWORD :

Ulama Sunni Terkemuka Iran Molavi Abdolhamid Molavi Abdolhamid Dilarang Haji




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :