Minggu, 28/04/2024 07:59 WIB

Gara-gara Ini Selandia Baru Tergelincir ke dalam Resesi

Menurut data Statistik Selandia Baru, pertumbuhan tahunan melambat menjadi 2,2 persen.

Pejalan kaki melewati perahu layar saat melintas di depan kawasan pusat bisnis (CBD) Wellington di Selandia Baru, 2 Juli 2017. REUTERS/David Gray

JAKARTA, Jurnas.com - Perekonomian Selandia Baru menyusut pada kuartal pertama karena bank sentral menaikkan suku bunga secara agresif ke level tertinggi 14 tahun merugikan bisnis dan manufaktur, sementara cuaca buruk melanda pertanian, menempatkan negara itu ke dalam resesi teknis.

Data resmi yang keluar pada Kamis (15/6) menunjukkan produk domestik bruto (PDB) turun 0,1 persen pada kuartal Maret, dan mengikuti kontraksi 0,7 persen yang direvisi pada kuartal keempat. Dengan dua perempat pertumbuhan negatif, negara ini sekarang berada dalam resesi teknis.

Menurut data Statistik Selandia Baru, pertumbuhan tahunan melambat menjadi 2,2 persen. Kuartal Maret 2023 mencakup dampak awal Topan Hale dan Gabrielle serta pemogokan guru.

"Peristiwa cuaca buruk yang disebabkan oleh topan berkontribusi pada jatuhnya hortikultura dan layanan dukungan transportasi, serta layanan pendidikan yang terganggu," kata Manajer Umum Wawasan Ekonomi dan Lingkungan di Statistik Selandia Baru, Jason Attewell.

Kelemahan ekonomi tidak akan dilihat sebagai negatif oleh bank sentral, yang mengatakan perlu pertumbuhan ekonomi melambat untuk meredam inflasi dan ekspektasi inflasi.

Kontraksi kemungkinan akan menambah ekspektasi bahwa tingkat uang sekarang telah mencapai puncaknya, kata para ekonom.

Reserve Bank of New Zealand telah melakukan pengetatan kebijakan paling agresif sejak 1999, ketika suku bunga resmi diperkenalkan, mengangkatnya sebesar 525 basis poin sejak Oktober 2021 menjadi 5,50 persen. Namun, itu telah memberi isyarat bahwa pendakian telah selesai.

Sebelum angka PDB kuartal pertama dirilis, bank sentral memperkirakan negara akan memasuki resesi pada kuartal kedua tahun 2023, sementara perkiraan terbaru Departemen Keuangan pada bulan Mei memperkirakan negara akan terhindar dari resesi.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Selandia Baru Selandia Baru Resesi Cuaca Buruk




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :