Minggu, 28/04/2024 03:49 WIB

Dirjen Diksi Minta Komitmen UPT Percepat Transformasi Vokasi

Dirjen Diksi Minta Komitmen UPT Percepat Transformasi Vokasi

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kiki Yuliati (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Kiki Yuliati meminta komitmen pemimpin Unit Pelaksana Teknis (UPT) dalam mendorong percepatan transformasi sistem pendidikan vokasi.

Hal itu dalam pembukaan Leadership Davelopment Program (LDP) di Jakarta, pada Selasa (6/6) lalu. Dia mengatakan bahwa UPT di lingkungan Kemdikbudristek berperan penting dalam menjamin mutu pendidikan, peningkatan pemberdayaan, serta pengembangan keterampilan (skills) guru dan tenaga kependidikan, dan calon kepala sekolah.

"Saya sangat percaya kepemimpinan merupakan salah satu faktor penentu, faktor kunci keberhasilan suatu organisasi untuk melaksanakan berbagai rencana-rencananya," kata Dirjen Kiki.

Dirjen Diksi mengatakan, LDP merupakan kegiatan yang penting dalam upaya meningkatkan kualitas kepemimpinan di UPT. Selain memberikan wawasan, keterampilan, dan pemahaman yang lebih mendalam, LDP juga dapat memperkuat persahabatan, serta jejaring antarsesama UPT di lingkungan Kemdikbudristek.

Kiki juga berharap para pimpinan UPT dapat mengimplementasikan program Merdeka Belajar dengan baik. Dengan demikian, peran strategis UPT dalam mendorong transformasi sistem pendidikan nasional yang berkualitas dapat terwujud.

"Kami harapkan LDP dapat membantu pimpinan UPT dalam meningkatkan peran sebagai pemimpin yang kuat, bagian dari pemecah masalah (problem solver)," ujar Kiki.

Sementara itu Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Paudasmen), Iwan Syahril, mengatakan bahwa peran UPT sangat strategis dalam mendukung visi dan misi pemerintah sebagai perwakilan pemerintah pusat untuk menjangkau khalayak tanah air.

"Pemimpin di UPT harus menjadi pembelajar aktif yang bisa mengambil langkah-langkah efektif dalam menghadapi berbagai macam isu, tantangan dalam mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar," kata Iwan Syahril.

LDP, lanjut Iwan Syahril, dirancang dengan cermat untuk melengkapi peserta kegiatan dengan keterampilan, pengetahuan, dan pola pikir yang diperlukan untuk berkembang dalam posisi kepemimpinan dan menghadapi tantangan kompleks dengan efektif.

KEYWORD :

Dirjen Diksi Kiki Yuliati Vokasi Kemdikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :