Minggu, 28/04/2024 22:13 WIB

Iriana Jokowi Tegaskan Urgensi Transisi PAUD ke SD

Iriana Jokowi Tegaskan Urgensi Transisi PAUD ke SD

Ibu Negara RI, Iriana Jokowi (Foto: Biro Setpres)

Jakarta, Jurnas.com - Ibu Negara RI, Iriana Joko Widodo, mengatakan bahwa kebijakan Merdeka Belajar Episode ke-24: Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan sangat penting didukung oleh berbagai pihak.

Sebab, masa kecil merupakan fase yang sangat penting dalam masa tumbuh kembang seorang anak menjadi individu yang memiliki kemampuan bersosialisasi di tengah masyarakat.

"Masa kecil seorang anak harus diisi dengan pengetahuan, pengalaman, dan kenangan atau memori yang menyenangkan," kata Iriana dalam kegiatan `Komitmen Bersama Gerakan Transisi Paud ke SD yang Menyenangkan` di Jakarta pada Rabu (7/6).

Memori menyenangkan ini, lanjut Iriana, hanya bisa terjadi ketika proses belajar diterapkan secara bahagia. Dengan demikian, anak-anak dapat tumbuh menjadi generasi cerdas yang bahagia.

"Saya menyambut baik inisiatif Kemdikbudristek untuk menerapkan gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan," sambung Iriana.

Iriana menambahkan bahwa gerakan ini juga menjaga keselarasan pendidikan peserta didik dari PAUD ke SD atau Madrasah Ibtidaiyah (MI), sehingga proses peralihan berjalan lancar dan baik.

"Selain itu gerakan ini bertujuan untuk memastikan anak kita yang tidak berkesempatan ikut PAUD, dapat memiliki hak yang sama untuk dibina, dan mendapatkan kemampuan fondasi atau kemampuan dasar secara menyeluruh sehingga anak-anak memiliki ketramapilan, kemampuan, dan kematangan yang holistik," ujar dia.

Ketua Bidang I Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM), Franka Makarim berharap kebijakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan yang dilahirkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) mengubah paradigma pembelajaran di PAUD yang hanya menekankan aspek kognitif melalui calistung.

"Tapi juga mengerti cara sosialisasi kepada teman-temannya, budi pekerti di rumah dan sekolah, dan sceara mandiri bisa bergerak, bisa memilih baju sendiri, bisa memulai hari, bisa meregulasi emosi. Hal-hal itu harus kita berikan nilai agar mereka semakin maju," papar Franka.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemdikbudristek, Iwan Syahril menambahkan bahwa pihaknya telah memberikan pembekalan kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT), dan melakukan pelatihan kepada guru PAUD dan SD.

"Kami juga mulai menjalin kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan serta menyediakan sumber belajar pada Platform Merdeka Mengajar," tutup Iwan.

KEYWORD :

Iriana Jokowi Joko Widodo PAUD SD Tes Calistung Kemdikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :