Senin, 29/04/2024 10:40 WIB

Ketua MPR: Terlalu Murah, Kedaulatan Ditukar Sembako

Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan mengingatkan masyarakat menggunakan kedaulatannya dalam menentukan pilihan pada Pilkada serentak 2017.

Ketua MPR, Zulkifli Hasan

Jakarta - Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan mengingatkan masyarakat menggunakan kedaulatannya dalam menentukan pilihan pada Pilkada serentak 2017 di 101 daerah, Rabu (15/2).

Zulkifli meminta, agar kedaulatan yang dimiliki masyarakat tidak ditukar hanya dengan sebatas sembako atau uang yang bersifat pragmatis.

"Jangan sampai kedaulatan ditukar dengan sembako. Terlalu murah kedaulatan ditukar dengan hal-hal yang pragmatis itu," kata Zulkifli, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/2).

Zulkifli menegaskan, pilkada serentak merupakan bentuk pelaksanaan demokrasi Pancasila. "Dulu kedaulatan ada di tangan MPR. Sekarang kedaulatan itu ada di tangan rakyat," terangnya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengimbau kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bisa mengawal pelaksanaan pesta demokrasi ini dengan baik dan profesional. Sehingga, pilkada serentak bisa berjalan aman dan damai.

Selain itu, lanjut Zulkifli, aparat keamanan baik Polri dan TNI juga diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi pemilih untuk menggunakan haknya dengan sebaik baiknya. "Sebagai pimpinan MPR saya berharap terpilih pemimpin yang punya wawasan kebangsaan," kata Zulkifli.

Diketahui, Pilkada serentak 2017 di 101 akan digelar Rabu (15/2) untuk memilih tujuh gubernur, 76 bupati, dan 18 wali kota. Ini merupakan pilkada serentak yang kedua kalinya digelar di Indonesia, setelah sebelumnya dihelat pada 2015 lalu.

KEYWORD :

Pilkada Serentak 2017 Ketua MPR Zulkifli Hasan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :