Minggu, 28/04/2024 05:09 WIB

Cara Investasi Crypto Untuk Pemula Agar Cuan

Investasi crypto tengah popular dikalangan generasi milenial. Seperti apa?

Ilustrasi investasi untuk terus berkembang. (Foto: Jurnas/Doknet).

Jakarta, Jurnas.com- Saat ini investasi crypto tengah popular dikalangan generasi milenial. Bahkan ada kecenderungan anak muda sekarang ini tidak percaya kepada bank. Dan lebih memilih Bitcoin atau mata uang digital lainnya dalam investasi. Cryptocurrency adalah produk yang banyak dipertimbangkan dan dipilih saat ini. Janji keuntungan besar dalam bentuk uang ini membuat masyarakat, terutama yang bergerak di bidang teknologi, mencari uang digital jenis ini.

Harapannya dengan melakukan investasi crypto maka mereka bisa mengembangkan kekayaan atau mendapatkan uang lebih banyak. Impian memiliki aset crypto dapat menghasilkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Namun di satu sisi, crypto memiliki banyak risiko. Tidak sedikit investor yang rugi saat bermain crypto, terutama yang baru. Oleh karena itu, mereka yang ingin berpartisipasi dalam praktik ini harus mempelajari dan mencari tahu apa bagaimana kerja crypto.

Apa itu cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah mata uang digital dengan teknologi blockchain sehingga tidak dapat dimanipulasi atau dipalsukan. Mata uang ini bersifat universal dan dapat diterima di seluruh dunia. Banyak negara telah menggunakan cryptocurrency ini sebagai alat pembayaran yang sah.

Salah satu jenis cryptocurrency paling populer saat ini adalah Bitcoin atau disingkat BTC. Seperti mata uang lainnya, cryptocurrency juga dapat berubah. Perbedaannya adalah meskipun uang riil tidak banyak berfluktuasi, mata uang crypto cenderung berfluktuasi secara dramatis.

Misalnya Bitcoin, pada puncaknya pada 12 November 2021, cryptocurrency ini diperdagangkan dengan harga hampir Rp1 miliar atau Rp 913,9 juta tepatnya 1 BTC. Sedangkan pada bursa Oktober 2022, BTC dijual dengan harga Rp 290 juta hingga Rp 301 juta.

Untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja, dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor baru dan kasual.

Saat ini PINTU telah memiliki 120 aset crypto yang diperdagangkan serta banyak fitur dan produk unggulan inovatif, dan edukatif, seperti Pintu Earn, Referral System, PTU Stalking dan Pintu Kelas Academy.

Mata Uang Crypto vs Uang Nyata

Cryptocurrency berbeda dengan mata uang umum seperti Rupiah yang dikendalikan oleh Bank Sentral dan negara. Inilah mengapa cryptocurrency tidak memiliki otoritas dan kepastian yang dapat mendukung nilai tukar.

Namun pada praktiknya, penggunaan cryptocurrency tidak akan lagi mempengaruhi orang lain saat kamu berinteraksi dengan mata uang virtual. Dengan kata lain, pengalihan hak cryptocurrency mempengaruhi pihak pertama dan kedua.

Saat berurusan dengan cryptocurrency, maka tidak perlu mengubahnya menjadi nilai lain. Tidak seperti mata uang umum yang nilainya berbeda dari satu negara ke negara lain.

Investasi Crypto

Crypto dapat membuat orang ingin memilikinya. Kini, banyak orang yang mulai menyebut crypto sebagai pilihan investasi. Berikut adalah beberapa keunggulan crypto sebagai aset investasi:

1. Mata uang beragam

Saat ini, ada puluhan ribu cryptocurrency di pasaran. Tidak semuanya tersedia di pasar Indonesia. Namun, kamu masih bisa mendapatkan banyak pilihan cryptocurrency. Tentu saja, nilai dan harga yang sama berbeda. Beberapa cryptocurrency juga sangat kuat di pasar, yang menjadikannya aset investasi yang bagus.

2. Mudah didapat

Mulai bermain crypto juga mudah sekarang. Ada berbagai platform digital yang bisa digunakan untuk membeli aset kripto. Tidak hanya bisa dibeli, tapi juga bisa dijual dengan cepat dan mendapatkan uang kembali dalam bentuk Rupiah.

3. Bisa naik dengan cepat

Salah satu manfaat cryptocurrency adalah kenaikan harga yang dramatis. Dengan kata lain, kamu bisa mendapat untung dalam waktu singkat jika harga mata uang crypto yang meningkat tajam.

4. Tren yang ditangkap oleh banyak pihak

Tren investasi crypto sedang meningkat. Ini sangat bagus untuk pemula yang juga ingin bergabung. Pasalnya, pemula bisa mendapatkan banyak informasi dari website, webinar, dan pakar yang sudah berkecimpung di dunia ini.

Cara Bermain Crypto untuk Pemula

Sebagai pengingat, semua jenis investasi memiliki risiko. Investasi crypto juga membawa risiko yang signifikan. Oleh karena itu, perlu mengetahui langkah yang tepat untuk mengambil keuntungan. Berikut tips agar kamu cuan bermain crypto.

1. Mainkan crypto hanya dengan uang dingin

Investasi ini mengandung banyak risiko. Jadi kamu bisa bermain crypto hanya dengan uang dingin. Artinya kamu menggunakan uang yang tidak akan segera digunakan atau yang tidak dialokasikan untuk suatu kebutuhan.

Cara mendapatkan uang dingin tentu saja dengan menyelesaikan semua kewajiban. Kamu harus melakukan pembayaran, cicilan, dana darurat dan tabungan sebelum mendapatkan uang dingin. Hal ini untuk meminimalkan risiko investasi. Ketika uang tunai terancam hilang, kamu tidak perlu mengorbankan uang untuk kebutuhan lain.

2. Pilih platform digital terdaftar

Cara bermain crypto dengan aman juga sebaiknya memilih platform digital yang disetujui oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Salah satunya adalah PINTU dimana kamu bisa trading dengan mudah dan mendapatkan berbagai keuntungan dengan fitur yang lengkap.

3. Lanjutkan ke pembukaan rekening

Saat memilih perusahaan untuk membeli aset kripto, kamu perlu mendaftar dan membuka akun. Saat membuat akun ini, kamu harus memasukkan data pribadi dan email pribadi. Pastikan memasukkan data yang benar dan menggunakan alamat email yang benar. Tentunya, data pribadi sangat penting dalam bisnis digital. Kamu tidak ingin data dicuri atau bahkan diretas karena menggunakan alamat email yang salah. Langkah selanjutnya adalah verifikasi data. Beberapa platform digital akan meminta selfie dengan KTP dan tanda tangan digital dari aplikasi.

4. Lakukan setoran

Untuk membeli cryptocurrency, kamu harus terlebih dahulu menyetor uang ke akun tertentu. Ubah nilai deposit dan kemampuan keuangan yang kamu miliki. Menghabiskan terlalu banyak akan membuat kamu  menjauh dari investasi. Hindari deposit rendah karena akan membatasi daya beli.

5. Pelajari Aset Crypto

Setiap aset crypto memiliki karakteristik dan propertinya sendiri. Anda harus mempelajari dan mempelajari tentang setiap aset sebelum mulai memilihnya. Lihat semua informasi di internet dan pendapat ahli. Tidak ada salahnya memperhatikan pergerakan aset crypto apa pun sebelum kamu mulai memilihnya. Pergerakan aset crypto sangat cepat kamu harus bisa mendapatkan ide dalam beberapa hari atau minggu.

6. Jangan terlalu cepat mengambil keputusan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, aset crypto naik turun dengan sangat cepat. Ketika gagal, tidak perlu terburu-buru untuk menjualnya. Masih ada ruang untuk cryptocurrency naik, tentu saja. Sebenarnya, ini adalah kesempatan untuk menebusnya. Bukan tidak mungkin nilai aset yang kamu beli akan meningkat dan bisa mendapatkan banyak keuntungan setelahnya.

7. Investasikan pada aset lain

Cryptocurrency benar-benar gila bagi banyak orang. Namun, ini tidak berarti kamu langsung melupakan sarana investasi lainnya. Menginvestasikan kekayaan pada alat investasi lain juga bisa mengurangi risiko kehilangan uang di crypto, lho. Kamu bisa memilih emas yang memiliki harga stabil. Kamu juga bisa meletakkannya di tempat aman yang keamanannya terjamin.

KEYWORD :

Investasi Crypto Mata Uang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :