Selasa, 30/04/2024 02:18 WIB

Waduh, Pentagon Bikin Kesalahan Penghitungan soal Bantuan Tiga Miliar Dolar Ukraina

Militer AS telah

Prajurit Ukraina berlatih di pengangkut personel lapis baja, 6 April 2023. (Genya Savilov / AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) menemukan kesalahan perhitungan yang dapat mengakibatkan lebih banyak senjata, amunisi, dan peralatan yang tersedia untuk Ukraina daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Reuters melaporkan pada Kamis (18/6) mengutip seorang ajudan Senat dan seorang pejabat Pentagon dalam identitar anonim mengatakan bahwa militer AS telah "melebih-lebihkan nilai" dari beberapa perangkat kerasnya yang dikirim ke Kiev dengan sekitar $3 miliar.

Pentagon menggunakan biaya penggantian saat ini untuk peralatan yang diambil dari stoknya, daripada memperhitungkan harga beli asli dan penyusutan, menurut sumber agensi. DOD dilaporkan mengambil langkah-langkah untuk memberi tahu Kongres tentang "penyesuaian akuntansi".

Senator Roger Wicker, pejabat Republik di Komite Angkatan Bersenjata Senat, mengatakan kepada Reuters bahwa Pentagon membuat "kesalahan besar" yang dapat meremehkan kebutuhan sekutu NATO di masa depan.

"Prioritas kami adalah kemenangan Ukraina atas Presiden Rusia Vladimir Putin. Mengubah perhitungan bantuan militer secara sepihak merupakan upaya penipuan dan merusak tujuan ini," kata senator dari Mississippi itu.

Namun, kebingungan perhitungan tersebut dapat diterjemahkan menjadi lebih banyak pasokan ke pemerintah Kiev, menurut agensi tersebut. Pada Senin, bantuan AS dilaporkan turun menjadi hanya $6 miliar untuk bantuan Ukraina, dari $48 miliar yang disetujui oleh Kongres pada bulan Desember. Mengamankan lebih banyak pendanaan sulit saat ini, karena kebuntuan atas pagu utang nasional.

Upaya keseluruhan Washington untuk mengirim senjata ke Kiev terdiri dari dua jalur. Presidential Drawdown Authority (PDA) mengizinkan Pentagon untuk mengirim material dari timbunannya sendiri – sejauh ini mencapai $21,1 miliar, dalam 37 paket terpisah.

Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina (USAI) yang terpisah membuat pemerintah AS membayar industri militer untuk membuat senjata dan amunisi baru, yang sebagian besar belum tiba.

Menurut Reuters, Pentagon mengirim memo ke Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Korps Marinir pada 31 Maret, mengklarifikasi bagaimana nilai peralatan harus dihitung.

Pejabat anonim Pentagon yang berbicara kepada badan itu menggunakan contoh peluru artileri 155mm, yang lebih dari 1,5 juta dikirim ke Kiev. Sementara masing-masing berharga sekitar $800 hari ini, biaya selama beberapa dekade rata-rata jauh lebih sedikit.

Ukraina telah berulang kali mengatakan bahwa keberhasilannya di medan perang sangat bergantung pada bantuan dari Barat. Menurut perkiraan militer Rusia, AS dan sekutunya telah mengirimkan senjata dan pasokan senilai lebih dari $100 miliar ke Ukraina pada Desember 2022.

Moskow telah memperingatkan Washington bahwa ini meningkatkan risiko konfrontasi langsung. Namun, AS dan NATO bersikeras bahwa mempersenjatai Kiev tidak benar-benar menjadikan mereka pihak dalam konflik.

Sumber: Russia Today

KEYWORD :

Amerika Serikat Perang Rusia Ukraina Pentagon




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :