Minggu, 28/04/2024 04:57 WIB

Masyarakat Diminta Bantu Jaga Keamanan Jakarta

Pj Gubernur Minta Masyarakat Bantu Jaga Keamanan Jakarta

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (tengah) saat menghadiri apel patroli gabungan skala besar di wilayah hukum Polda Metro Jaya di kawasan Monumen Nasional (Monas). (Foto PPID DKI Jakarta)

Jakarta, Jurnas.com - Seluruh masyarakat diimbau untuk ikut serta bertanggung jawab, dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan khususnya di DKI Jakarta. Imbauan itu, disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menghadiri apel patroli gabungan skala besar di wilayah hukum Polda Metro Jaya di kawasan Monumen Nasional (Monas).

"Saya imbau kepada seluruh masyarakat untuk mentaati semua aturan, untuk tidak melakukan tindakan-tindakan kriminal yang merugikan masyarakat," kata Heru, Minggu (14/5)

Dalam kesempatan itu, Heru mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto dan jajarannya, serta Pangdam Jaya Mayjen Mohammad Hasan yang telah berinisiasi dalam memberikan keamanan dan kenyamanan untuk masyarakat DKI Jakarta. Keamanan dan kenyamanan DKI Jakarta bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat keamanan saja, tetapi juga peran masyarakat sekitar.

"Kepada seluruh masyarakat tentunya juga bisa membantu keamanan di wilayah masing-masing, di wilayah kelurahan, wilayah RT, wilayah RW, jadi keamanan itu bukan menjadi beban atau tanggung jawab penuh aparat keamanan tapi tanggung jawab kita semua," pesan Heru.

Di lokasi yang sama, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto menekankan untuk para anak-anak muda di wilayah DKI Jakarta untuk tidak usah bergadang karena biasanya akan menimbulkan masalah.

"Kepada anak-anak warga Jakarta yang usia anak anak muda tentunya kalau keluar-keluar rumah ingat waktu. Kalau kita kerja tentunya jam kantor kan jam 5 selesai, atau jam 7 atau yang lembur tidak usah begadang-begadang cari masalah," ucapnya saat diwawancarai pada apel patroli skala besar di Lapangan Monas, Sabtu.

Karyoto menjelaskan karena biasanya jika ada sejumlah anak muda berkumpul lebih dari lima berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Mantan Deputi Penindakan KPK tersebut juga menjelaskan bahwa menciptakan keamanan di masyarakat harus berkolaborasi. "Bahwa rasa aman dan nyaman itu bukan hanya kami yang menciptakan tetapi semua masyarakat aparat berkolaborasi untuk menciptakan situasi yang aman dan nyaman," jelasnya.

Sebagai informasi apel patroli skala besar dihadiri oleh 661 personel gabungan yang terdiri dari unsur Polri, TNI, dan Pemprov DKI yang dilaksanakan di Lapangan Monas, Jakarta Pusat pada Sabtu malam.

KEYWORD :

Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono keamanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :