Senin, 29/04/2024 01:43 WIB

Jelang Debat Final, Survey Kandidat Gubernur DKI Unggulkan Ahok

Anies mengalami peningkatan signifikan karena berhasil menggerus dukungan dari kubu Agus.

Ilustrasi Pilkada DKI

Jakarta - Jelang debat kandidat ketiga atau terakhir Pilkada DKI Jakarta, Jumat (10/1), sejumlah lembaga survey merilis hasil temuannya. Dari tiga lembaga yang melakukan survey pada awal Februari sampai sebelum debat final berlangsung, dua lembaga Survey menempatkan pasangan nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat, berada di posisi elektabilitas teratas.

Sjaiful Mujani Research and Consulting (SRMC)yang melakukan survey pada 3 sampai 9 Februari, mengungkap pasangan nomor urut 2 didukung oleh 39.1 persen. Sementara pasangan nomor urut 3 Anies Baswedan – Sandiaga Uno berada di posisi kedua dengan 33,5 persen. Pasangan nomor 1 Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni berada di posisi buncit dengan 19,9 persen. Sebanyak 7,5 persen pemilih menyatakan masih merahasiakan dukungannya.

“Dibanding survey Januari 2017, Ahok-Djarot mengalami kenaikan 4,7 persen, Anies-Sandi 7,1 persen, sedangkan Agus-Sylvi turun 2,6 persen,” demikian kesimpulan survey SRMC.

Ahok juga unggul berdasarkan hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia yang digelar pada 2-8 Februari 2017. Dalam survei tersebut, elektabilitas Ahok mencapai 39 persen, meningkat dari survey pada Januari dengan 38,2 persen.

Pasangan calon nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, meningkat drastis dari 23,8 persen pada Januari 2017 menjadi 35,4 persen. Kemudian pasangan Agus-Sylvi hanya meraih dukungan 19,4 persen, berbeda dari hasil bulan lalu yang masih mencapai 23,6 persen. " Anies mengalami peningkatan signifikan karena berhasil menggerus dukungan dari kubu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni," kata ujar Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi.

Sementara itu, survey terbaru LSI Denny JA menemukan bahwa elektabilitas ketiga pasangan kini hampir sama kuat dan sulit memprediksi siapa yang akan melaju ke putaran kedua. Data survei terbaru LSI menunjukkan, elektabilitas pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni sebesar 30.9%, Basuki Tjahaja Purnama `Ahok`-Djarot Saiful Hidayat sebesar 30.7% dan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebesar 29.9%.

KEYWORD :

Debat Pilkada DKI 2017 AHY Ahok Anies




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :