Sabtu, 27/04/2024 22:15 WIB

Harga Minyak Zaitun Tembus Level Tertinggi dalam 26 Tahun

Kekeringan parah yang dialami Spanyol sejak musim panas lalu kini mengancam pasokan minyak zaitun global, menyebabkan harga melonjak di seluruh dunia.

Minyak zaitun dipercaya mengatasi ketombe secara alami (Foto: Ilustrasi/TMSC)

JAKARTA, Jurnas.com - Harga minyak zaitun telah melonjak ke tingkat rekor karena kekeringan yang berkepanjangan di Spanyol, produsen dan pengekspor produk terbesar di dunia.

Harga telah melonjak lebih dari 60 persen sejak Juni dan para ahli memperingatkan, konsumen harus mempersiapkan diri untuk kenaikan lebih lanjut.

Kekeringan parah yang dialami Spanyol sejak musim panas lalu kini mengancam pasokan minyak zaitun global, menyebabkan harga melonjak di seluruh dunia.

Data dari Dana Moneter Internasional (IMF) menunjukkan bahwa harga minyak zaitun global telah mencapai $5.989,8 per metrik ton, menandai level tertinggi dalam 26 tahun.

"Kita hidup dalam situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Konsultan Strategis untuk sektor tersebut, Juan Vilar. "Tidak pernah ada harga minyak zaitun asli seperti yang kita lihat sekarang."

Panen zaitun Oktober hingga Februari baru-baru ini menghasilkan panen 50 persen lebih sedikit dari biasanya karena kondisi cuaca yang sangat buruk. Menurut Kementerian Ekologi Spanyol, negara tersebut telah mengalami curah hujan di bawah rata-rata selama 36 bulan berturut-turut.

"Spanyol menghasilkan panen minyak zaitun sekitar 630.000 metrik ton, turun dari panen biasanya 1,4 hingga 1,5 juta metrik ton," kata analis minyak sayur dan minyak sayur di Mintec, Kyle Holland.

Dia memperingatkan bahwa tanpa peningkatan curah hujan di Spanyol, harga minyak zaitun dapat tetap pada level tinggi saat ini untuk beberapa waktu mendatang.

Sumber: RT

KEYWORD :

Minyak Zaitun Rekor Tertinggi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :