Sabtu, 27/04/2024 23:20 WIB

Berbeda dengan Kasus Ferdy Sambo, Teddy Minahasa Serahkan CCTV ke Penyidik

Mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Teddy Minahasa singgung soal CCTV dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba yang menjeratnya dengan kasus Ferdy Sambo dan kasus KM 50.

Mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Teddy Minahasa. (Foto: Antara)

Jakarta, Jurnas.com - Mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Teddy Minahasa singgung soal CCTV dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba yang menjeratnya dengan kasus Ferdy Sambo dan kasus KM 50.

Teddy Minahasa menyebut jika CCTV di rumahnya tidak dihilangkan seperti dua kasus tersebut. Dia justru kooperatif menyerahkan CCTV rumahnya.

Pakar Psikologi Forensik, Reza Indragiri Amriel menilai sikap Teddy Minahasa yang mempersilakan penyidik untuk menyita CCTV di rumahnya, bisa menjadi bukti Teddy tak bersalah.

“Menyerahkan CCTV adalah cerminan bahwa Teddy Minahasa tidak melakukan kejahatan sebagaimana yang dituduhkan terhadap dirinya," ujarnya, Selasa (2/5).

Menurutnya keberanian Teddy Minahasa dalam menyinggung dua kasus besar tersebut seperti whistleblower. Menurutnya Teddy Minahasa perlu bersiap atas pernyataan beraninya tersebut.

"Tempo hari saya katakan bahwa pledoi Teddy Minahasa ini fantastis karena, pertama, Dia membela diri, dan istimewanya, Dia mengunci posisi terdakwa lain. Lewat dupliknya, Teddy Minahasa naik kelas lagi menjadi spektakuler. Karena, Dia menjadi whistleblower," pungkasnya.

Sebelumnya, Teddy Minahasa mengaku meminta penyidik menyita dekoder CCTV di rumahnya.

"Saya sendiri yang kooperatif dan inisiatif menyuruh penyidik untuk menyita decorder CCTV rumah saya untuk dapat membuktikan apakah paper bag itu saya terima atau tidak," ungkap Teddy Minahasa, Jumat (28/4).

"Seandainya saya benar menerima paper bag yang katanya berisi uang itu, mungkin saya takut menyerahkan CCTV rumah saya, atau bahkan cepat-cepat saya suruh rusak (obstruction of justice). Berbeda halnya dengan kasus KM 50 dan kasus Ferdy Sambo, dimana CCTV dalam kondisi dirusak," sambungnya.

KEYWORD :

Kapolda Sumatera Barat Teddy Minahasa Peredaran Narkoba Sabu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :