Senin, 29/04/2024 02:04 WIB

Puslabfor Pastikan Tak Ada Racun di Tubuh AKBP Buddy yang Tewas Tertabrak Kereta

AKBP Buddy Alfrits Towoliu tewas tertabrak kerata api, Puslabfor pastikan tidak ada kandungan racun di tubuhnya

Kabid Kimbiofor Puslabfor Kombes Pol Wahyu Marsudi beri keterangan. (Foto: Jurnas/YouTube Polda Metro).

Jakarta, Jurnas.com- Puslabfor memastikan tidak terdapat kandungan racun ataupun zat berbahaya di dalam tubuh AKBP Buddy Alfrits Towoliu yang tewas tertabrak kereta api di sekitar Stasiun Jatinegara.

Kabid Kimbiofor Puslabfor Kombes Pol Wahyu Marsudi mengatakan, kepastian tersebut disampaikan setelah pemeriksaan yang dilakukan pihaknya terhadap kandungan Pestisida, arsen, sianid, dan pemeriksaan alkohol serta narkoba.

“Kita dari sisi toksikologi sudah memastikan tidak terkandung material tersebut,” ujar Wahyu dalam konferensi pers di Mapolres Metro Jakarta Timur, Selasa (2/5/2023).

Wahyu menuturkan, pihaknya mulanya menerima barang bukti terkait kasus tersebut pada hari Minggu (30/4/2023) berupa 6 jenis barang bukti dari darah korban hingga kuku dan organ tubuh korban untuk dilakukan pemeriksaan toksikologi.

“Kita lakukan pemeriksaan dengan pembatasan karena permintaan penyidik adalah pemeriksaan terkait toksikologi, maka disini kita membatasi pemeriksaan terkait dengan pestisida, arsen, sianid, dan pemeriksaan alkohol serta narkoba,” tuturnya.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan dengan berbagai metode sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku seperti pemeriksaan terhadap pH meter untuk derajat keasaman, pemeriksaan kandungan alkohol dan sianid, hingga periksa metode gutzeit untuk memeriksa kandungan arsen.

“Ternyata setelah kita lakukan secara detil dan teliti dengan metode yang sudah kita tentukan di labfor, dari keenam barang bukti yang kita terima tersebut, ternyata kita dapatkan hasil untuk pestisida seluruhnya negatif, arsenik seluruhnya negatif, sianida seluruhnya negatif, alkohol negatif dan juga narkobanya negatif,” ungkapnya.

“Dari sini maka kita berani menyimpulkan bahwa seluruh barang bukti yang kita terima dari penyelidik, terkait dengan darah korban, urine, potongan hati, rambut, swab kuku kanan dan kiri, semuanya tidak terdeteksi adanya narkoba, alkohol, pestisida, Arsen, dan sianid,” jelasnya.

KEYWORD :

Pusabfor AKBP Buddy Tertabrak Kereta Api Kandungan Racun




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :