Kamis, 02/05/2024 22:59 WIB

Fadel Muhamad Lebaran Ketupat Bisa Berkontribusi Pada Persatuan dan Kesatuan

Fadel Muhamad : Lebaran Ketupat Adalah Tradisi Baik Yang Bisa Berkontribusi Pada Persatuan Dan Kesatuan Masyarakat.

Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad. ( Foto: Humas MPR)

Wakil ketua MPR Fadel Muhammad mengapresiasi semangat masyarakat, melaksanakan silaturahim. Semangat yang tinggi dalam menjalin silaturahim, menurut Fadel bisa berdampak positif pada keamanan serta persatuan dan kesatuan bangsa. Karena semakin sering melakukan silaturahim, potensi pertengkaran dan kerusuhan bisa terus ditekan.

"Silaturahim pada lebaran ketupat harus terus ditumbuh suburkan, bukan hanya pada Hari Raya Idul Fitri, tetapi juga pada bulan-bulan selanjutnya. Kalau itu dilakukan, akan memacu kerukunan masyarakat yang samakin baik, mengurangi gesekan akibat hal-hal yang tidak penting," kata Fadel Muhammad menambahkan.

Pernyataan itu disampaikan Fadel pada acara doa ketupat, di Masjid Al Muttaqin Yosonegoro, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo, Sabtu (29/4/2023).

Pada kesempatan itu, Fadel juga menyampaikan apresiasinya terhadap upaya pelaksanaan lebaran ketupat. Apalagi selama pandemi, kegiatan tersebut terpaksa dihentikan, sesuai arahan pemerintah. Tetapi, tahun ini acara tersebut kembali digelar sebagaimana sebelum pandemi berlangsung.

"Ini adalah tradisi baik yang sudah berlangsung selama ratusan tahun, dan harus dilestarikan. Mudah-mudahan kita bisa selalu menjaga dan merawatnya, dan ditahun-tahun yang akan datang pelaksanaannya akan semakin baik," kata Fadel menambahkan.

Doa Ketupat adalah doa bersama yang dipanjatkan anggota masyarakat bersama para ulama dan tokoh masyarakat. Melalui doa bersama, masyarakat meminta kepada Allah SWT, untuk memberikan kelancaran, keselamatan dan keamanan, khususnya keselamatan dan keamanan lebaran ketupat tahun 1444 H. Pada acara tersebut Wakil Ketua MPR melakukan pemukulan bedug, sebagai penanda dimulainya prosesi lebaran ketupat tahun 2023.

Selain pada prosesi doa ketupat, Fadel Muhammad, itu juga menyaksikan lomba pacuan kuda dan sapi. Acara tersebut digelar di Lapangan Golf dan Pacuan kuda Yosonegoro Kecamatan Limboto barat, Kabupaten Gorontalo. Lomba pacuan kuda dan sapi sendiri, merupakan salah satu acara di lebaran ketupat yang paling populer, diantara kegiatan lain yang digelar oleh masyarakat. Selain lomba pacuan kuda dan sapi masyarakat juga menggelar acara-acara lain, diberbagai tempat di seluruh wilayah Gorontalo.

KEYWORD :

Kinerja MPR Fadel Muhammad Lebaran Ketupat Gorontalo Pacuan Kuda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :