Senin, 29/04/2024 08:15 WIB

TNI AU Evakuasi 110 WNI di Sudan ke Jeddah, Arab Saudi

Sebanyak 110 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Sudan berhasil dievakuasi ke Jeddah, Arab Saudi

110 WNI di Sudan dievakuasi TNI AU ke Jeddah, Arab Saudi. (Foto: Jurnas/Dok TNI AU).

Jakarta, Jurnas.com- Sebanyak 110 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Sudan berhasil dievakuasi ke Jeddah, Arab Saudi, pada hari Rabu (26/4/2023).

110 WNI tersebut sebelumnya terjebak beberapa hari dalam situasi perang saudara. Evakuasi yang dilakukan kepada seluruhnya merupakan bagian dari evakuasi tahap kedua dari Khartoum menuju Port Sudan melalui jalan darat.

“Alhamdulillah pada Rabu kemarin, evakuasi  WNI dapat berjalan lancar. Ini merupakan tahap pertama, yang akan dilanjutkan beberapa tahap berikutnya, dalam sorties penerbangan dari Port Sudan ke Jeddah,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangannya, Kamis (27/4/2023).

Dijelaskannya, para WNI yang dievakuasi terdiri dari laki-laki, perempuan, dan anak diterbangkan menggunakan pesawat Boeing 737 A-7305 TNI AU dari kota Port Sudan menuju posko evakuasi di Jeddah, Arab Saudi.

Proses evakuasi tersebut berjalan dengan lancar berkat koordinasi dari beberapa pihak terkait seperti Kementerian Luar Negeri, Mabes TNI, KBRI di Sudan,  kru pesawat B-737 A-7305 dan juga Konsulat Jenderal (Konjen) RI di Jeddah.

Para WNI yang berhasil dievakuasi ke Jeddah nantinya akan kembali ke Indonesia dengan menggunakan beberapa pesawat komersial. Sementara pesawat Boeing 737 A-7305 TNI AU akan melanjutkan proses evakuasi lanjutan.

KEYWORD :

TNI AU Evakuasi 110 WNI Sudan Jeddah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :