Senin, 29/04/2024 05:36 WIB

Ditemkka Mumi Remaja Berusia Lebih dari 1.000 Tahun di Peru

Mumi itu diperkirakan seorang remaja dan ditemukan di kuburan bawah tanah terbungkus bungkusan penguburan.

Para pekerja membungkus sisa-sisa kerangka dan bagian dari bungkusan mumi yang ditemukan oleh arkeolog Peru di reruntuhan Cajarmarquilla, di pinggiran Lima, Peru pada 24 April 2023. (Foto: REUTERS/Sebastian Castaneda)

JAKARTA, Jurnaa.com - Peru menemukan mumi berusia lebih dari 1.000 tahun di pinggiran ibu kota Lima pada Senin (25/4). Ini merupakan penemuan mumi terbaru yang berasal dari zaman pra-Inca.

Peru adalah rumah bagi berbagai budaya pra-Hispanik yang berkembang selama berabad-abad sebelum kerajaan Inca naik ke tampuk kekuasaan, terutama di sepanjang pantai tengah negara itu dan di Andes.

Mumi itu diperkirakan seorang remaja dan ditemukan di kuburan bawah tanah terbungkus bungkusan penguburan, bersama dengan keramik dan tali, termasuk potongan kulit dan rambut.

"Remaja mumi itu ditemukan dalam keadaan konservasi yang baik," kata arkeolog Yomira Huaman, yang bertanggung jawab atas proyek penelitian Cajamarquilla yang berafiliasi dengan Walikota Universidad Nacional de San Marcos.

Remaja itu hidup antara 1.100 dan 1.200 tahun yang lalu, dan mungkin berasal dari budaya Lima atau Ichma. Mumi itu ditemukan sekitar 200m dari tempat mumi pertama Cajamarquilla ditemukan, jelas Huaman, mengacu pada mumi lain yang ditemukan di dekatnya tahun lalu.

Situs arkeologi juga merupakan tempat ditemukannya sisa-sisa delapan anak dan 12 orang dewasa, yang tampaknya dikorbankan sekitar 800 hingga 1.200 tahun yang lalu.

Kompleks Cajamarquilla yang luas menampilkan reruntuhan empat piramida dan konstruksi lain seperti dinding yang ditata seperti labirin. Kompleks ini adalah kota batu bata lumpur terbesar kedua di Peru setelah Chan Chan di utara negara Andean.

Cajamarquilla kemungkinan dihuni oleh orang-orang dari pantai dan dataran tinggi Andean, kata Huaman. Terletak di daerah berdebu sekitar 20 km dari Lima, situs tersebut diyakini sebagai pusat perdagangan yang berkembang pesat.

Sumber: Reuters/ CNA

KEYWORD :

Mumi Remaja Arkeolog Peru Zaman Pra-Inca




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :