Jum'at, 10/05/2024 05:16 WIB

Belanja Militer Global Catat Rekor Baru Imbas Perang Rusia Ukraina

Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) mengatakan, pengeluaran militer dunia naik 3,7 persen secara riil pada tahun 2022 menjadi $2,24 triliun.

Dalam screengrab yang diambil dari rekaman yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada 28 Maret 2023, sebuah kapal rudal Armada Pasifik menembakkan rudal jelajah Moskit ke target laut tiruan musuh di Laut Jepang selama latihan militer. (Gambar: AFP/Kementerian Pertahanan Rusia)

JAKARTA, Jurnas.com - Pengeluaran militer global tahun lalu naik catatkan rekor tertinggi. Perang Rusia dan Ukraina mendorong peningkatan tahunan terbesar dalam pengeluaran di Eropa sejak akhir Perang Dingin tiga dekade lalu.

Dikutip dari Al Arabiya, Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) mengatakan, pengeluaran militer dunia naik 3,7 persen secara riil pada tahun 2022 menjadi $2,24 triliun.

Invasi Rusia ke Ukraina, yang dimulai pada Februari tahun lalu setelah bertahun-tahun mengalami ketegangan, telah mendorong negara-negara Eropa bergegas memperkuat pertahanan mereka.

Moskow mengatakan operasi militer khusus diperlukan untuk melindunginya dari apa yang dilihatnya sebagai Barat yang bermusuhan dan agresif. Ukraina dan sekutunya dari Barat mengatakan Rusia mengobarkan perang tak beralasan yang bertujuan merebut wilayah.

Pengeluaran militer Eropa melonjak 13 persen tahun lalu, terutama karena peningkatan oleh Rusia dan Ukraina, tetapi dengan banyak negara di seluruh benua juga meningkatkan anggaran militer dan merencanakan lebih banyak lagi di tengah meningkatnya ketegangan.

"Ini termasuk rencana multi-tahun untuk meningkatkan pengeluaran dari beberapa pemerintah," kata Peneliti Senior SIPRI Diego Lopes da Silva. "Akibatnya, kita dapat memperkirakan pengeluaran militer di Eropa Tengah dan Barat akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang."

Pengeluaran militer Ukraina naik 640 persen pada tahun 2022, peningkatan tahunan terbesar yang tercatat dalam data SIPRI sejak tahun 1949, dengan jumlah tersebut tidak termasuk sejumlah besar bantuan keuangan militer yang diberikan oleh Barat.

SIPRI memperkirakan bahwa bantuan militer ke Ukraina dari AS menyumbang 2,3 persen dari total pengeluaran militer AS pada tahun 2022. Meskipun AS adalah pembelanja terbesar di dunia sejauh ini, pengeluaran keseluruhannya hanya naik sedikit secara riil.

Sementara itu, pengeluaran militer Rusia tumbuh sekitar 9,2 persen, meskipun SIPRI mengakui angka-angka tersebut sangat tidak pasti mengingat meningkatnya ketidakjelasan otoritas keuangan sejak perang di Ukraina dimulai.

"Perbedaan antara rencana anggaran Rusia dan pengeluaran militernya yang sebenarnya pada tahun 2022 menunjukkan bahwa invasi ke Ukraina telah merugikan Rusia jauh lebih besar daripada yang diperkirakan," kata Direktur Program Pengeluaran Militer dan Produksi Senjata SIPRI, Lucie Beraud-Sudreau.

KEYWORD :

Belanja Militer Perang Rusia Ukraina Uni Eropa Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :