Senin, 06/05/2024 16:52 WIB

PDIP Usung Ganjar Pranowo, PKB dan Gerindra Segera Tentukan Sikap KIR

Keputusan PDIP mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 akan menjadi pertimbangan PKB dan Gerindra dalam mengambil langkah politik selanjutnya.

Juru Bicara PKB, Mikhael Sinaga

Jakarta, Jurnas.com - Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Gerindra yang tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) akan segera menentukan sikap terkait calon presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan diusung pada Pilpres 2024.

Hal itu menyikapi pengumuman Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Capres yang akan diusung PDI Perjuangan (PDIP) pada kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Juru Bicara DPP PKB, Mikhael Sinaga mengatakan, pengumuman capres dari partai berlambang benteng moncong putih itu sebetulnya bukan kejutan, karena nama Ganjar Pranowo sudah muncul di banyak lembaga survei dalam setahun terakhir.

"Pengumuman siang tadi sudah lama kami antisipasi, bahwa PDIP sebagai satu satunya parpol yang belum berkoalisi akan menentukan sikap dalam waktu dekat," kata Mikhael, kepada wartawan, Jakarta, Jumat (21/4).

Setelah PDIP memutuskan Ganjar Pranowo sebagai capres, kata Mikhael, maka jelas terlihat peta pilpres 2024 mendatang. Menurutnya, keputusan PDIP tersebut akan menjadi pertimbangan PKB dan Gerindra dalam mengambil langkah politik selanjutnya.

"Dalam waktu dekat kami akan berdiskusi dengan Gerindra untuk memutuskan bersama arah koalisi KIR. Dan tentunya juga menentukan tanggal untuk deklarasi Capres dan Cawapres yang kami usung bersama," kata Mikhael.

Meski demikian, lanjut Mikhael, hingga saat ini belum bisa dipastikan jumlah pasangan capres dan cawapres yang akan bertarung di Pilpres 2024 mendatang. Mengingat, hingga saat ini komunikasi politik masih terus dilakukan.

"Terkait nantinya ada berapa pasangan calon yang bertarung, saya rasa berapa pun calonnya baik untuk kemajuan demokrasi kita. Jangan lupa, komunikasi politik masih terus berlangsung jadi belum bisa kita simpulkan akan ada tiga atau berapa calon," demikian Mikhael.

Diketahui, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara resmi menetapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Capres untuk Pilpres 2024.

"Dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, menetapkan saudara Ganjar pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," kata Megawati di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4).

Megawati didampingi Presiden Jokowi saat mengumumkan Ganjar sebagai Capres untuk kontestasi Pilpres 2024. Selain itu, ada juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

KEYWORD :

Kebangkitan Indonesia Raya Koalisi KIR Pasangan Capres Cawapres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo Capr




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :