Sabtu, 27/04/2024 22:18 WIB

Masjid Istiqlal Akan Gelar Shalat Gerhana

 Masjid Istiqlal Akan Gelar Shalat Gerhana

Suasana Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. (Foto Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com -  Tepat pada hari ke-29 Ramadhan 1444 H. Masjid Istiqlal Jakarta akan menggelar Shalat Kusuf atau Gerhana Matahari. "Ya, Masjid Istiqlal tentu akan menyelenggarakan Shalat Gerhana Matahari atau Shalat Kusuf esok hari, Kamis (20/4)," kata Kepala Bagian Umum dan Sumber Daya Manusia Masjid Istiqlal Ismail Cawidu di Jakarta, Rabu.

Shalat Gerhana atau Shalat Kusuf di Masjid Istiqlal akan diselenggarakan pada pukul 10.10 Waktu Indonesia Barat (WIB) bertempat di Lantai Utama Masjid Istiqlal. "Untuk itu kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengikuti ibadah shalat Kusuf ini, dengan mengajak keluarga, saudara, karib-kerabat, tetangga, dan sahabat di Masjid Istiqlal," kata Ismail.

Sebelumnya, stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kepulauan Riau menyatakan, fenomena gerhana matahari sebagian dapat diamati di provinsi tersebut dengan durasi sekitar 2 jam 8 menit pada Kamis (20/4).

Gerhana matahari 20 April 2023 merupakan gerhana matahari hibrida yang terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi, tepat segaris. Fenomena ini membuat piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari, dan di tempat tertentu lainnya terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi sama dengan piringan matahari.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Muhammad Cholil Nafis dalam keterangan yang berbeda juga menjelaskan mengenai tata cara shalat Kusuf yang bisa dilakukan oleh masyarakat. "Shalat dua rakaat dengan dua kali berdiri dan dua kali rukuk dalam setiap rakaatnya," kata Cholil di Jakarta, Rabu.

KEYWORD :

Masjid Istiqlal Shalat Kusuf gerhana matahari hibrida




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :