Kamis, 02/05/2024 22:59 WIB

Sebanyak 861 Pemudik Naik Kapal Perang Menuju Semarang dan Surabaya

Program mudik gratis yang diselenggarakan TNI AL sebagai salah satu upaya untuk mengurangi kecelakaan di masa mudik Lebaran.

Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banjarmasin-592

Jakarta, Jurnas.com - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali melepas kegiatan mudik gratis menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia atau KRI Banjarmasin-592 di Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (18/4).

KRI Banjarmasin-592 itu berangkat dari Jakarta dengan mengangkut sebanyak 861 penumpang menuju Semarang Jawa Tengah dan Surabaya Jawa Timur.

"KRI Banjarmasin ini menuju rute ke Semarang dan Surabaya, kemudian dari 861 itu ada 52 balita, kemudian mereka membawa motor sejumlah 260-an motor," kata Ali di Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (18/4).

Mudik menggunakan KRI Banjarmasin ini merupakan kerja sama antara TNI Angkatan Laut dengan Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas dan Kementerian Perhubungan serta Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

Ali menjelaskan program mudik gratis yang diselenggarakan TNI AL sebagai salah satu upaya untuk mengurangi kecelakaan di masa mudik Lebaran.

"Ini juga dalam rangka membantu pemerintah untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan khususnya pada pemudik yang menggunakan sepeda motor," tuturnya.

KRI Banjarmasin-592 pun juga akan mengakut pemudik di masa arus balik. Keberangkatan dari Surabaya ke Semarang pada 25 April pukul 12.00 WIB. Selanjutnya, kapal akan berangkat dari Semarang ke Jakarta.

"Kita juga akan menyiapkan arus baliknya dari Surabaya tanggal 25, kemudian dari Semarang tanggal 26 akan kembali," jelas Ali.

KEYWORD :

Mudik Lebaran Program Mudik Gratis TNI AL Kapal Perang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :