Senin, 29/04/2024 14:43 WIB

Kyiv Kecam Polandia Gara-gara Larangan Impor Produk Pertanian Ukraina

Polandia meluncurkan pelmbatasan pada hari sebelumnya, mengutip kebutuhan untuk melindungi pasar lokal dari destabilisasi yang disebabkan oleh masuknya produk murah dari Ukraina.

Pekerja menyimpan gandum di terminal selama panen jelai di wilayah Odesa, Ukraina, 23 Juni 2022. (Foto: Igor Tkachenko/Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Kiev mengecam keputusan Warsawa untuk memberlakukan larangan biji-bijian Ukraina dan produk pertanian lainnya, menuduhnya melanggar kesepakatan yang dicapai oleh kedua negara bulan ini.

Polandia meluncurkan pembatasan pada hari sebelumnya, mengutip kebutuhan untuk melindungi pasar lokal dari destabilisasi yang disebabkan oleh masuknya produk murah dari Ukraina.

Kementerian Pertanian Ukraina mengklaim langkah tersebut melanggar kesepakatan yang dicapai minggu lalu setelah protes massal oleh petani Polandia. Pada saat itu, Warsawa mengatakan bahwa Kiev telah setuju untuk membatasi dan, untuk saat ini, menghentikan ekspor ke Polandia.

"Kami memahami bahwa petani Polandia menghadapi situasi yang sulit, tetapi kami menekankan bahwa sekarang situasi yang paling sulit adalah bagi petani Ukraina," kata kementerian tersebut, seraya menambahkan bahwa "menyelesaikan berbagai masalah dengan tindakan drastis sepihak tidak akan mempercepat resolusi positif dari situasi."

Pada saat yang sama, kementerian meminta Warsawa untuk mencapai kesepakatan baru tentang masalah tersebut secepat mungkin, untuk mengatasi kekhawatiran kedua belah pihak.

Mengumumkan larangan tersebut, Ketua Partai Hukum dan Keadilan (PiS) yang berkuasa di Polandia, Jaroslaw Kaczynski, menegaskan negara dan para pemimpinnya tetap menjadi "teman dan sekutu Ukraina yang tidak berubah."

"Hari ini, pemerintah telah memutuskan sebuah peraturan yang melarang masuk dan impor biji-bijian ke Polandia, tetapi juga puluhan jenis makanan lain (dari Ukraina)," kata Kaczynski dalam konvensi partainya. "Barang-barang yang dilarang berkisar dari biji-bijian hingga produk madu, sangat, sangat banyak."

Di kemudian hari, negara Eropa Timur lainnya, Hungaria, meluncurkan larangan impor pertanian Ukraina sendiri. Saat mengumumkan langkah tersebut, Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban mengatakan pembatasan diperlukan karena status quo akan menyebabkan kerusakan parah pada petani lokal.

Beberapa negara Eropa Timur, yaitu Bulgaria, Hongaria, Polandia, Rumania, dan Slovakia, baru-baru ini membunyikan alarm atas masuknya barang pertanian murah dari Ukraina.

Bulan lalu, mereka menuntut tindakan dari Komisi UE terkait masalah tersebut, mendesaknya untuk memberlakukan kembali tarif impor pada produk tersebut.

Tahun lalu, produk pertanian dari Ukraina diizinkan masuk bebas bea ke blok tersebut, dengan Brussels mengiklankan langkah tersebut sebagai cara untuk membantu Ukraina menjangkau pelanggannya di Timur Tengah dan Afrika di tengah konflik yang sedang berlangsung dengan Rusia.

Namun, sebagian besar hasil bumi berakhir di Eropa Timur, menciptakan kemacetan logistik dan menurunkan harga, dengan situasi yang memengaruhi produsen lokal.

Sumber: RT

KEYWORD :

Larangan Impor Biji-bijian Ukraina Polandia Hongaria Uni Eropa Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :