Senin, 29/04/2024 06:37 WIB

Perkuat Ekonomi Umat, Serikat Usaha Muhammadiyah Diluncurkan

Perkuat Ekonomi Umat, Serikat Usaha Muhammadiyah Diluncurkan

Peluncuran Serikat Usaha Muhammadiyah (SUMU). (Foto Humas PP Muhammadiyah)

Jakarta, Jurnas.com - Serikat Usaha Muhammadiyah (SUMU) resmi diluncurkan pada Minggu 16 April 2023 oleh Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas di Gedung Dakwah Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Jakarta.

Anwar berharap melalui SUMU, sambung rasa dan silaturahmi antara pengusaha semakin erat, para pengusaha semakin bersatu dan kuat, sehingga nantinya lahir pengusaha-pengusaha yang sukses.

"Titik lemah kita itu bukan di bidang politik, namun di bidang ekonomi. Kalau kita tidak kuat secara ekonomi, kita hanya selalu jadi kroco, kita tidak bisa jadi penentu," kata Anwar dalam peluncuran, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi, Minggu.

Turut hadir dan menyampaikan sambutan dan testimoni adalah Ketua Lembaga Pengembangan UMKM PP Muhammadiyah sekaligus Owner SR12 Herbal Perkasa Group Toni Firmansyah.

“Kita ingin agar SUMU ini menjadi komunitas yang inklusif, terbuka juga untuk para pengusaha non-Muhammadiyah sehingga SUMU ini dapat menjadi sayap kultural dakwah dan kaderisasi Persyarikatan melalui bidang usaha," kata Toni.

Sebagai informasi, Toni melalui SR12 Herbal Perkasa Group memiliki jaringan 500 distributor dan 80 ribu mitra di Indonesia maupun luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Turki. Berdiri sejak 2016, perusahaannya memberdayakan lebih dari 1.200 karyawan.

Adapun Sekretaris Jenderal SUMU sekaligus Co-founder & CEO Evermos Ghufron Mustaqim mengatakan SUMU adalah komunitas mentoring bisnis. "Kami memanfaatkan teknologi untuk memudahkan antara para pengusaha dan pemilik UMKM untuk saling terhubung, belajar, dan sinergi," katanya.

SUMU juga menyediakan layanan-layanan yang memudahkan para anggota untuk mendirikan badan hukum, mengurus perizinan usaha, akses permodalan dan investasi usaha, serta bergabung dengan organisasi pengusaha lainnya seperti HIPMI dan KADIN.

"Kami membayangkan melalui SUMU ini, kita memudahkan pengusaha yang sudah punya karyawan ribuan memberikan dorongan dan arahan kepada pengusaha yang karyawannya ratusan. Yang karyawannya ratusan memberikan mentoring kepada yang karyawannya puluhan," katanya.

KEYWORD :

Anwar Abbas SUMU diluncurkan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :