Jum'at, 10/05/2024 14:55 WIB

Pemerintah Pastikan Tol Cisumdawu Seksi 4 - 6 Layak Dilalui Pemudik

Sarana dan prasarana tol siap dimanfaatkan secara fungsional secara gratis, dari gerbang tol Cimalaka hingga Dawuan Majalengka

Jalan tol Cisumdawu siap melayani pemudik (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Ruas jalan fungsional tol Cisumdawu seksi 4 hingga seksi 6 masih belum dibuka untuk pemudik meski sudah H-7 lebaran

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kembali meninjau seksi 4 tol Cisumdawu, Sabtu (15/4/2023).

Basuki Hadimuljono memastikan kelayakan ruas jalan tol Cisumdawu seksi 4 hingga seksi 6 untuk digunakan pemudik pada arus mudik lebaran 2023.

"Saya ingin menyampaikan bahwa yang namanya keamanan dan kelancaran mudik itu ada 3 hal, yaitu prasarana, manajemen transportasinya dan prilakunya. Hari ini dari segi prasarana untuk tol Cisumdawu, siap dimanfaatkan secara fungsional, dua lajur," kata Basuki.

Meski demikian, Menteri PUPR juga mengungkapkan sarana dan prasarana tol siap dimanfaatkan secara fungsional secara gratis, dari gerbang tol Cimalaka hingga Dawuan Majalengka.

"Saya ingin sampaikan, tol Cisumdawu secara prasarana siap dimanfaatkan secara fungsional dan gratis," katanya.

Perbaikan jalan di Jembatan Juwana yang lama di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, untuk menyambut pemudik Lebaran, Sabtu 15 April 2023.

Basuki menyebutkan, kebijakan keamanan pembukaan jalan fungsional ada di pihak Korlantas Polri. "Nanti untuk menejemen pengaturan lalu lintasnya oleh bapak-bapak polisi, Kakorlantas yang akan mengaturnya dengan stakeholder lainnya seperti Dishub dan pemerintah daerah," ucapnya.

Rest area yang bisa menampung kendaraan para pemudik, dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mini pun telah berdiri dan siap melayani para pemudik.

"Rest area ini bisa untuk tempat istirahat 200 unit mobil. Serta ada dua pompa pertamina untuk pengisian bahan bakar," ujarnya.

Rencananya mulai besok, tim dari kepolisian akan menyisir terlebih dahulu jalur fungsional tol Cisumdawu, sebelum nantinya dilalui para pemudik dari pukul 08.00 pagi hingga Pukul 15.00 sore.

KEYWORD :

Tol Cisumdawu Mudik 2023 Basuki Hadimuljono




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :