Senin, 13/05/2024 04:55 WIB

Tak Cuma Ronaldo dan Messi, Saudi Ingin Datangkan 50 Pemain Elit

Tak Cuma Ronaldo dan Messi, Saudi Ingin Datangkan 50 Pemain Elit

Penyerang Al-Nassr, Cristiano Ronaldo (Foto: Goal)

Riyadh, Jurnas.com - Rencana Arab Saudi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 tampaknya tidak main-main. Usai mendatangkan Cristiano Ronaldo dan mengajukan tawaran kepada Lionel Messi untuk bermain di Liga Pro Saudi, kini negeri minyak tersebut menargetkan 50 pemain elit.

Ronaldo mengejutkan dunia sepak bola ketika menandatangani kontrak dengan Al-Nassr setelah mengakhiri kontraknya lebih awal dengan Manchester United (MU), pada akhir tahun lalu.

Tak mau kalah, Al-Hilal yang notabene rival Al-Nassr mengajukan tawaran fantastis kepada Messi dengan nominal gaji 350 juta pounds per tahun, mengingat kontraknya dengan Paris Saint-Germain (PSG) berakhir Juni nanti.

Menurut laporan ESPN yang dikutip dari Goal pada Jumat (14/4), Saudi berencana mendatangkan 50 pesepakbola elit dari lima liga terbesar Eropa, yakni Liga Inggris, Ligue 1, Bundesliga, Serie A, dan La Liga Santander, plus liga papan atas Portugal.

Kementerian Olahraga Arab Saudi dikabarkan mendukung rencana tersebut, dan Liga Pro Saudi sudah menargetkan pemain yang akan habis kontraknya di musim panas, termasuk Luka Modric, Karim Benzema, Roberto Firmino, Yerry Mina, dan Abdoulaye Doucoure.

Kecuali Messi dan Ronaldo, klub-klub Saudi tidak akan mengeluarkan gaji fantanstis kepada rekrutan lain, agar tidak mengikuti jejak Liga Super China yang menjalankan bisnis ini dengan cara yang sama beberapa tahun yang lalu sebelum akhirnya kehilangan peminat.

"Ini bukan strategi pemadam kebakaran untuk menghambur-hamburkan uang dalam jumlah besar. Arab Saudi berada dalam masa transisi yang cepat, dan sepak bola adalah olahraga partisipasi massal dengan peluang besar seperti yang ditunjukkan selama Piala Dunia di Qatar," demikian laporan ESPN.

"Tapi ini bukan tentang mencoba merekrut 50 pemain top dunia. Ini tentang meningkatkan kualitas dan profil liga dan menjadikannya tujuan pilihan pertama di luar liga besar di Eropa," sambungnya.

KEYWORD :

Lionel Messi Cristiano Ronaldo Liga Pro Saudi Pemain Elit




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :