Senin, 29/04/2024 21:29 WIB

Bulog Permudah Masyarakat Jangkau Daging Murah Lewat Alfamidi

Operasi pasar di ritel moder ini untuk memastikan ketersediaan daging sekaligus menjamin tidak adanya gejolak harga daging selama Ramadan dan menjelang Idulfitri tahun ini.

Karyawan Alfamidi Super Bangka Raya, Jakarta Selatan memasang pamflet daging bulog, Jumat 14 April 2023. (Foto: Supi/ Jurnas.com)

JAKARTA, Jurnas.com - Perusahaan Umum (Perum) Bulog terus melakukan upaya untuk membantu mengatasi kebutuhan daging yang meningkat belakangan ini dengan menggelar operasi pasar daging kerbau beku melalui Alfamidi.

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) mengatakan, operasi pasar di ritel moder ini untuk memastikan ketersediaan daging sekaligus menjamin tidak adanya gejolak harga daging selama Ramadan dan menjelang Idulfitri tahun ini.

"Untuk tahap awal Bulog menggelar operasi pasar berupa komoditas daging kerbau beku seharga Rp 80.000 per kg melalui 88 cabang Alfamidi yang tersebar di Jabodetabek. Dengan demikian masyarakat bisa memiliki pilihan untuk membeli daging tanpa kesulitan," kata dia di Alfamidi Super Bangka Raya di Mampang Prapatan Jakarta Selatan, Jumat (14/4).

Buwas mengemukakan kerja sama dengan Alfamidi nantinya akan diperluas sampai ke luar Jabodetabek. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya memenuhi kebutuhan daging melalui jaringan ritel modern sehingga masyarakat dapat memperoleh bahan pangan khususnya daging dengan cepat, mudah, dan murah.

"Sebagai bagian dari pemerintah, Bulog memahami situasi kebutuhan daging yang meningkat belakangan ini. Bulog akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersedian pangan pokok tersebut dan saya sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran Bulog di tanah air untuk menyiapkan stok daging beku yang bisa langsung dibeli masyarakat," tutur Buwas.

Sementera itu, Kepala Badan Pangan Nasional yang turut hadir saat peninjauan mengatakan kerjasama Bulog dengan ritel modern seperti Alfamidi ini merupakan salah satu tindaklanjut dari arahan Presiden agar harga daging sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan.

"Di sini kita saksikan bersama bahwa stok daging beku sudah tersedia di Alfamidi dengan harga jual sesuai Harga Eceran Tertinggi sesuai harapan pemerintah yaitu Rp 80.000 per kg", kata Arief.

Pemerintah memberikan penugasan kepada Perum Bulog untuk mengimpor daging kerbau beku sebanyak 100 ribu ton pada tahun 2023 ini sebagai alternatif pilihan bagi konsumen dalam memenuhi ketersediaan akan daging serta menjaga stabilisasi harga daging di tingkat konsumen, khususnya pada momen Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

Perum BULOG juga terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun daerah guna membantu mensukseskan program pemerintah dengan menstabilkan harga pangan lainnya pada saat Ramadan dan Idul Fitri.

KEYWORD :

Alfamidi Ritel Modern Budi Waseso Daging Beku




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :