Sabtu, 27/04/2024 23:00 WIB

Relawan Perempuan Ganjar Pranowo di Yogya Ciptakan Motif Baru Batik Shibori

Para puan yang juga merupakan pendukung Ganjar Pranowo di Yogyakarta melakukan kegiatan positif dan bermanfaat bagi anak muda.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Prabowo

Jakarta, Jurnas.com - Para puan yang juga merupakan pendukung Ganjar Pranowo di Yogyakarta melakukan kegiatan positif dan bermanfaat bagi anak muda.

Mereka yang tergabung dalam sukarelawan Srikandi Ganjar mengadakan Workshop Pembuatan Shibori yang diadakan di Cangkir Heritage Resto and Coffee Yogyakarta, Kamis (13/4).

Herawati selaku Koorwil Srikandi Ganjar DIY mengungkapkan kegiatan tersebut mereka lakukan dengan sejumlah milenial dari berbagai wilayah. Yakni dengan pelatihan pembuatan salah satu batik yang digemari di tanah air, yaitu Shibori.

“Kegiatan ini diisi dengan cara edukasi pembuatan Shibori kepada perempuan milenial. Yaitu teknik pewarnaan batik yang berasal dari Jepang, disebutnya Shibori. Diambil dari kata kerja Shiboru, bermakna proses pewarnaan kain dengan mengandalkan ikatan dan celupan,” tutur Herawati.

Herwati juga menerangkan jika seiring perkembangan jaman, banyak penyesuaian yang hadir untuk diterapkan pada Shibori itu sendiri. Penyesuaian dan perubahan tersebut salah satunya dalam hal penggunaan kain yang lebih berkualitas sehingga menghasilkan corak lebih menarik dan tentunya lebih berwarna.

"Para peserta selain diberikan edukasi dari pematerinya, mereka juga diberikan kesempatan dalam membantu pembuatan Shibori untuk dipraktekan," ujar perempuan yang akrab disapa Hera ini.

Dia menilai pelatihan ini sangat tepat, apalagi menjelang Lebaran seperti sekarang. Kegiatan membuat Shibori ini menurutnya juga bisa dijadikan ide usaha bagi para milenial.

Selain mengadakan workshop, sukarelawan turut memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo kepada warga dan para peserta.

Erlin (24), salah satu perempuan yang ikut dalam workshop mengapresiasi kepedulian dari Srikandi Ganjar DIY.

"Workshop yang diadakan Srikandi Ganjar ini tentu sangat bermanfaat, kami bisa memahami pembuatan Shibori," ujarnya.

KEYWORD :

Ganjar Pranowo Gubernur Jateng Relawan Perempuan Ganjar Pranowo Motif Baru Batik Shibori




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :