Senin, 29/04/2024 03:36 WIB

Angka Kecelakaan Terus Meningkat, KNKT Gelar Diskusi Masalah ODOL di Solo

Tahun 2020 kecelakaan ODOL sebanyak 30 kasus, naik sekitar 97 persen menjadi 59 kasus pada tahun 2021. Sedangkan korban meninggal dunia akibat kecelakaan ODOL naik 117 persen, dari 12 orang tahun 2020 menjadi 26 orang di tahun 2021.

Forum Group Discussion Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bertajuk Permasalahan ODOL dan Masa Depan Angkutan Barang di Indonesia di Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/3/2023). Foto: Dok. Jurnas

SOLO, Jurnas.com – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mencatat angka kecelakaan lalu lintas pada tahun 2021 naik 0,03 persen. Korban fatalitas yang meninggal dunia pun naik 0,06 persen.  Kecelakaan yang melibatkan kendaraan Over Dimention Over Load (ODOL) juga mengalami kenaikan. Tahun 2020 kecelakaan ODOL sebanyak 30 kasus, naik sekitar 97 persen menjadi 59 kasus pada tahun 2021. Sedangkan korban meninggal dunia akibat kecelakaan ODOL naik 117 persen, dari 12 orang tahun 2020 menjadi 26 orang di tahun 2021.

Melihat persoalan ODOL tersebut KNKT bersama stakeholder terkait mengadakan Forum Group Discussion dengan tajuk "Permasalahan ODOL dan Masa Depan Angkutan Barang di Indonesia" di Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/3/2023).

Hadir sebagai pembicara dalam diskusi tersebut Senior Investigator KNKT Ahmad Wildan, Pengamat Transpsortasi Djoko Setijowarno, Sugi Purnoto dari Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), dan Dewanto Purnacandra dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Ahmad Wildan dalam paparannya mengatakan bahwa ada dua dimensi yang terkait dengan persoalan truk ODOL, yakni dimensi kebijakan dan dimensi teknis. Tetapi yang sering terjadi masalah adalah di sisi teknis. Banyak pengusaha angkutan dan juga pengemudi truknya tidak memahami kondisi kendaraan. Banyak di antara mereka tidak memiliki kompetensi atau pengetahuan soal kendaraan.

"Mohon maaf, pengusaha truk dan pengemudinya banyak yang tidak faham kendaraan. Kompetensi mereka kurang. Itu saya ketahui ketika melakukan investigasi kecelakaan yang selama ini dilakukan oleh KNKT,” kata Wildan.

Wildan menilai, pengusaha angkutan dan pengemudinya perlu dibekali dengan kompetensi terkait dimensi teknis kendaraan. Dengan demikian diharapkan dapat mencegah permasalahan truk ODOL, termasuk kecelakaan yang sering melibatkan mereka.

KNKT saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan salah satu dieler kendaraan untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan teknis kendaraan, khususnya truk. Pesertanya diharapkan daeri para pengusaha angkutan maupun pengemudinya,” ujar Wildan.

KEYWORD :

KNKT Truk ODOL kecelakaan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :