Senin, 29/04/2024 12:03 WIB

Menkes Minta Bapak-bapak Setop Beli Rokok, Alihkan ke Telur

Menkes Budi menegaskan, penyediaan konsumsi yang bergizi bagi para bayi penting untuk dilakukan

Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin minta orang tua lebih prioritaskan penyediaan makanan sehat untuk bayinya.

Menkes Budi di sela acara agenda Gerakan Penimbangan Bulanan Nasional Terintegrasi untuk Percepatan Penurunan Stunting di kantor Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (28/2/2023), mulanya menerangkan, dalam program stunting kini, timbang bayi atau balita menjadi sebulan sekali, berubah dari sebelumnya yang enam bulan sekali. Dia mengingatkan, ketika menimbang, berat badan bayinya harus naik tiap bulannya.

Jika tidak naik, Menkes Budi mengingatkan agar bayi disediakan makanan berprotein seperti telur atau ikan. Dia menegaskan, dua komoditas itu cukup terjangkau harganya, sehingga masyarakat dapat dengan mudah membelinya.

"Jadi bilangin ke ibu-ibu bapak-bapak daripada beli rokok, daripada beli pulsa, yang mungkin spending-nya lebih banyak dari itu, mendingan uangnya Rp 2 ribu perak sehari beliin telur, atau Rp 15.000 perak seminggu beliin delapan telur, atau Rp 30.000 beliin 16 telor," tutur Menkes Budi.

Menkes Budi menegaskan, penyediaan konsumsi yang bergizi bagi para bayi penting untuk dilakukan. Hal itu demi mendukung tumbuh kembang bayi di Indonesia.

"Biar bayinya jadi sehat, bayinya jadi pintar, anak kita lebih hebat," tutur Menkes Budi.

Di kesempatan yang sama, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan perintah Presiden Joko Widodo yang ingin menerapkan program penurunan angka prevalensi stunting hingga tahun 2024. Jokowi menargetkan prevalensi stunting turun ke 14 persen sebelum masa jabatanya berakhir.

Seperti diketahui, angka prevalensi stunting Indonesia pada tahun 2014 tercatat berada pada kisaran angka 34 persen. Angka tersebut diklaim terus menurun setiap tahunya. Pada 2022, prevalensi stunting turun lebih dari 12 persen menjadi 21,6 persen.

KEYWORD :

Stunting makanan sehat Budi Gunadi Sadikin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :