Senin, 29/04/2024 19:09 WIB

Kian Meresahkan, Ini Penyebab Gagal Ginjal pada Anak

Kian Meresahkan, Ini Penyebab Gagal Ginjal pada Anak

Ilustrasi anak (Foto: Jurnas/Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Fenomena gagal ginjal pada anak kian meresahkan. Terutama, pasca Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengumumkan bahwa kasus gagal ginjal anak mengalami lonjakan.

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara (Untar), Dr. dr. Naomi Esthernita F. Dewanto Sp.A(K) menjelaskan bahwa gagal ginjal pada anak umumnya disebabkan oleh kelainan bawaan, peradangan pada ginjal, serta infeksi dan autoimun.

Adapun kasus yang terjadi saat ini, menurut dr. Naomi, karena adanya peradangan yang diakibatkan oleh penggunaan zat etilen glycol atau dietilen glycol yang melewati batas aman.

Kasus gagal ginjal, lanjut dr. Naomi, memang jarang terjadi pada anak-anak kecuali kelainan bawaan. Namun, tidak menutup kemungkinan adanya penyebab lain, sebagaimana situasi saat ini.

Ada beberapa faktor pemicu gagal ginjal pada anak, antara lain kebutuhan cairan anak yang tidak tercukupi dalam waktu lama, sehingga mengakibatkan glomerulonefritis, yakni peradangan pada bagian organ ginjal yang berperan menyaring zat sisa dan membuang cairan serta elektrolit yang berlebih dari tubuh.

"Gejala gagal ginjal yang harus diwaspadai bila anak diare berkepanjangan, muntah muntah, kejang, sesak nafas, dan jarang bahkan tidak pernah buang air kecil," terang dr. Naomi dalam siaran pers beberapa waktu lalu.

Naomi menegaskan bagi penderita gagal ginjal sebaiknya jangan banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung protein tinggi, terlalu asin, buah dan sayuran tinggi kalium seperti melon, pisang, jeruk, alpukat, tomat, dan kacang kacangan serta produk susu.

"Selain itu kurangi pula minuman bersoda yang kaliumnya tinggi, minuman berenergi yang banyak mengandung taurin dan gula, serta makanan dan minuman kaleng yang mengandung bahan pengawet, gula dan kafein," ujar dia.

Dia juga menyarankan supaya orang tua dapat menerapkan pola hidup sehat pada anak, konsumsi air yang cukup agar terhindar dari dehidrasi dan sebaiknya tidak mengonsumsi obat-obatan berlebihan apalagi tanpa rekomendasi dokter.

KEYWORD :

Gagal Ginjal Universitas Tarumanagara Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :