Senin, 29/04/2024 11:08 WIB

Belarusia Siap Berperang Bersama Rusia

 Presiden Alexander Lukashenko berencana untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Jumat.

Presiden Rusia Vladimir Putin mendengarkan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko selama pertemuan di Kremlin di Moskow, Rusia 11 Maret 2022. Sputnik/Mikhail Klimentyev/Kremlin via Reuters

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Alexander Lukashenko mengatakan, dirinya hanya akan memerintahkan pasukannya untuk berperang bersama sekutu Rusia jika negara lain melancarkan serangan terhadap Belarusia.

Lukashenko, yang telah berulang kali membantah klaim dari Kyiv dan Barat bahwa negaranya dapat terseret lebih jauh ke dalam perang di Ukraina di pihak Moskow, juga mengatakan dia berencana untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Jumat.

"Saya siap berperang dengan Rusia dari wilayah Belarus hanya dalam satu kasus: Jika bahkan satu tentara datang ke wilayah Belarus untuk membunuh rakyat saya," lapor kantor berita Belta mengutip Lukashenko dalam konferensi pers pada Kamis (16/2).

"Jika mereka melakukan agresi terhadap Belarusia, responsnya akan menjadi yang paling parah, dan perang akan menjadi sangat berbeda," kata dia lagi.

Rusia menggunakan Belarus sebagai batu loncatan untuk menginvasi Ukraina pada Februari 2022, meluncurkan serangan yang gagal di ibu kota Ukraina, Kyiv dari negara tersebut.

Kesibukan aktivitas militer dan latihan angkatan udara bersama antara Rusia dan Belarus awal tahun ini menghidupkan kembali kekhawatiran bahwa Minsk dapat bersiap untuk mengambil peran yang lebih aktif dalam konflik tersebut.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraian Belarus Alexander Lukashenko




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :