Senin, 29/04/2024 15:50 WIB

Unik, Kalbis Institute Buka Kampus Virtual di Metaverse

Unik, Kalbis Institute Buka Kampus Virtual di Metaverse

Mahasiswa Kalbis Institute memainkan virtual reality (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kalbis Institute melakukan terobosan baru dengan membuka kampus imersif dan virtual di metaverse. Kolaborasi yang menggandeng Shinta VR ini diharapkan jadi pelopor bagi perguruan tinggi lain untuk mulai masuk ke dunia metaverse.

Head of Branding and Communication Kalbis Institute, Raymond Christantyo mengatakan, kolaborasi penelitian ini diajukan melalui pendanaan matching fund Kedaireka sebagai salah satu implementasi program Merdeka Belajar.

"Kami bersama Shinta VR, salah satu mitra strategis kami tentunya berharap hasil dari penelitian ini dapat menjadi tonggak awal virtualisasi bagi universitas yang ada di Indonesia," kata Raymond dalam keterangannya pada Rabu (15/2) di Jakarta.

"Karena seperti yang kita ketahui dunia metaverse akan mejadi dunia baru kedepannya dan Kampus harus menjadi yang terdepan untuk mempersiapkan segalanya," imbuh dia.

Lebih jauh, penelitian ini merupakan salah satu implementasi dari visi misi Kalbis Institute untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul, tidak hanya di level nasional, namun juga menuju ke level internasional.

Kolaborasi ini, lanjut Raymond, tidak hanya melibatkan dari para Dosen DKV Kalbis Institute dan Shinta VR, namun juga melibatkan beberapa mahasiswa DKV untuk merasakan langsung dalam menggarap projek khususnya dalam membangun interaksi objek kampus yang akan divirtualkan.

Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual Kalbis Institute, Betha Almanfaluthi menambahkan, kolaborasi ini rencananya akan berjalan selama tiga tahun sejak Juni 2022, dan akan dipamerkan pada 2025 mendatang.

"Dengan menggandeng mitra perusahaan ternama, kami mendapatkan banyak pengalaman baru, terlebih dalam proses pembuatan virtual reality. Sebuah kolaborasi harmonis memadukan ide, teknis, dan visualisasi untuk menciptakan sebua kampus dalam platform virtual. Dengan perencanaan yang matang dan proses yang berkelanjutan diharapkan menjadi manfaat bagi banyak insan di perguruan tinggi," tutup Betha.

KEYWORD :

Kalbis Institute Kampus Virtual Metaverse Shinta VR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :